Lesson 7 ini Bill O’Neill menjelaskan pentingnya grup industri and grup sektor, dan bagaiaman kita tahu grup industri mana yang menjadi “leader” di pasar. Tiga pertanyaan yang menjelaskan detil dari lesson 7 ini: pertama, mengapa sangat penting untuk kita untuk memilih saham dari perusahaan yang berada dalam grup industri/sektor “leader”; kedua, bagaimana kita bisa mengetahui jika terjadi perubahan “leader” di pasar; ketiga, mengapa ini berharga. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat detil dari ketiga pertanyaan ini.

Mengapa sangat penting untuk kita untuk memilih saham dari perusahaan yang berada dalam grup industri/sektor “leader”?
Perlu diketahui bahwa grup sektor lebih luas dari pada grup industri, misalnya sektor “consumer” terdiri dari berbagai grup industri termasuk industri “retail”, “automobiles” dan “households appliances”. Sejak tahun 1953, sebagian besar saham individual yang menjadi “leader” di pasar merupakan bagian dari grup industri /sektor “leader” pada saat itu. Misalnya, pada waktu Microsoft menjadi “outstanding winner”, begitu juga People Soft (computer software”; ketika Dell “outperforming”, begitu juga Compaq (computer hardware); ketika Home Depot mulai “outperforming” pada kuartal kedua 1997, begitu juga Wal-Mart dan the Gap (mereka merupakan grup retail); ketika Schering-Plough dan Bristol-Myers Squibb bergerak untuk menjadi leader, maka Warner Lambert dan Pfizer mengalami hal yang sama. Jelas sekali terlihat bahwa saham cenderung untuk bergerak secara grup/sektor. Ketika O’Neil membeli saham yang mempunyai performance yang bagus, dia melihat saham lain yang bergerak di gup industri/sektor yang sama juga memperlihatkan performance yang bagus.

Selain idustri/sektor grup diatas, kita perlu mengawasi tipe sektor lain yaitu Apakah institusi besar menginvestasikan ke saham perusahaan yang “larger, blue-chip growth” atau “more volatile, less seasoned samll-cap companies”? Pada akhir tahun 1997, pasar beralih dari pembelian saham perusahaan kecil ke saham perusahaan besar yang sangat likuid. Dengan jumlah saham perusahaan besar yang tersedia lebih banyak, manager investasi lebih mudah untuk masuk dan keluar pasar. Jadi kita harus waspada dan berinvestasi kemana uang mengalir. Kita bisa mengetahui ketika pasar bergerak dari small-caps ke big-caps dengan mengikuti chart dengan judul “Big-Cap Growth Funds vs Small=Cap Growth Funds” yang dipulikasikan secara harian di Investor’s Business Daily’s” halaman “Industry Groups”.

Bagaimana kita tahu perubahan dalam “leader” pasar?
Setelah kita mengetahui saham yang mempunyai fundamental yang kuat dengan penjualan dan pertumbuhan pendapatan yang konsisten serta profit yang kuat; dan waktu yang tepat setalah kita melihat technical analisis, kita harus melihat kekuatan grup industri. Investor’s Business Daily mempunyai daftar 197 grup industri yang di ranking oleh grup relative price performance dengan menggunakan semua saham per grup selama 6 bulan. Daftar ini sangat lengkap, jadi daftar ini tidak hanya menunjukkan, misalnya, industri komputer tapi juga sub-grup nya. Dengan daftar ini kita bisa melihat secara utuh tentang industri tertentu.
Top 20% dari grup industri biasanya yang paling baik, dan O’Neill merekomendasi untuk tidak memilih “bottom 20%”.

Summary
Kita harus selalu memilih saham perusahaan yang menjadi leader di grup industri/sektor. Kebanyakan dari leader di masa lalu selalu berasal dari grup industri dan sektor yang top

Lesson 7: Know a Stock by the Company It keeps