Lesson yang ke 5 dari O’Neil yaitu “first among fundamentals: Earning and Sales”. O’Neil menyatakan bahwa earnings dan sales growth adalah dua faktor fundamental yang terpenting. Tujuan kita untuk bisa mendapatkan uang jika kita benar dan keluar dari pasar secepatnya jika kita salah tidak selalu bisa dilakukan selamanya. Agar kita bisa mendapatkan capital gain/uang, kita harus membeli saham dari perusahaan yang paling baik. Perusahaan yang terbaik (the big winner) adalah perusahaan peringkat 1 di industrinya.

Bagaimana kita mendapatkan the big winner?
karakeristik dari perusahaan yang bagus biasanya mempunyai penjualan dan earnings yang kuat. Hal ini menjadi lebih jelas pada saat sebelum perusahaan tersebut launched, harga meningkat menjadi 200% atau 1,000% atau lebih. Kita mencari perusahaan yang sales dan earning nya meningkat per kuartal, tidak hanya sekedar meningkat tetapi juga peningkatan sales dan earnings secara akselerasi.

Faktor fundamental yang harus dilihat selain sales dan earnings per kuartal adalah pertumbuhan earnings per tahun. Selanjutnya perusahaan yang kuat menunjukkan ROE dan pre-tax profit margin yang sehat. O’Neil rule of thumb adalah perusahaan yang mempunyai annual earning growth sebesar 30% atau lebih dan ROE sebesar 17% atau lebih. pertanyaan selanjutnya adalah sebagai orang awam dari mana kita bisa melihat fundamental faktor perusahaan yang go public di Indonesia.

Lesson 5: First Among fundamentals: Earning and Sales

3 thoughts on “Lesson 5: First Among fundamentals: Earning and Sales

  • Pingback: Lesson 5: First Among fundamentals: Earning and Sales by Navida – Blog.stie-mce.ac.id

  • August 9, 2011 at 2:19 pm
    Permalink

    Dear Ibu Nevi

    BU Tanya Neh…. jadi kalau kita baru saja membuka suatu bidang usaha sebenarnya usaha yang kita rinits ini termasuk baru (sehingga belum ada kompetitor)…. Secara Laba kita bisa mendapatkan Keuntungan yang cukup besar akan tetapi karena usaha kita belum Go Public otomatis kita belum melakukan Jual Saham….. Apakah usaha yang seperti ini bisa dianggap Big Winner ?? dengan asumsi karena kita pertama dan belum ada kompetitor maka kita adalah leader dalam bidang tersebut juga dikarenakan Laba yang kita terima juga cukup besar. satu lagi yang jadi pertanyaan akan tetapi diluar materi Ibu…. yaitu gimana yah caranya kita memasukan Attacment/lampiran apabila pada saat kita akan memberikan komentar bisa disertai dengan Teoritis yang ada (Misalkan File PDF)….. sehingga satu sama lain bisa saling belajar… soalnya aku liat di Form tanya Jawab hal tersebut tidak dibahas dan saya kesulitan bertanya (Gak tau nanya ke Siapa BU)……..

Comments are closed.