Hah, text based? itu yang menjadi pertanyaan saya di awal (dengan sedikit kaget). Setelah suami sedikit mengotak-atik di awal, dia cuma mengatakan: “ya begini software nya, text-based”. Saya disarankan untuk membaca guidance yang barusan saya download dari situsnya.

Dengan semangat yang pantang menyerah, akhirnya saya mulai bisa meng-operasikan software ini. Hanya saja, sebagai user, saya tetap bertanya: “kenapa harus text-based?”.

Ok lah, saya tidak boleh harus berlama-lama dipertanyaan ini, saya kembali meneruskan pengolahan data pada penelitian saya. Mari kita kembali pada R Statistics, dengan menggunakan perintah R pada command-prompt, kita akan masuk pada software tersebut:

$ R

setelah itu, kita load data kita dalam format .csv, dengan perintah:

> mydata_1 <- read.csv("/home/nevida/myResearch/myData/data_1.csv")

Ok, data telah berhasil saya load, setelah itu, saya mulai mengolah data dengan perintah tableDownsideRisk, untuk melihat resiko dalam investasi (pada kasus saya adalah investasi reksadana):

> table.DownsideRisk(mydata_1, ci = 0.95, scale = NA, Rf = 0, MAR = 0.1/12, p = 0.95)
uppss, saya mendapatkan error sebagai berikut:

> Error in as.POSIXlt.character(x, tz, ...) :
character string is not in a standard unambiguous format

Saya mencoba mencari tahu mengapa terjadi error. Jujur saja, saya mendapatkan kesulitan untuk mencaritahu penyebabnya. Coba bertanya pada suami, dan dia hanya menjelaskan bahwa tampaknya error ini karena adanya kesalahan pada data.

Suami menyarankan, daripada saya harus berlama-lama mencari tahu error tersebut, mending coba tanya saja langsung pada ahlinya. Pertanyaan bisa dilakukan lewat forum diskusi di Internet. Nah, sebelum bertanya lewat forum, suami juga menyarankan untuk mencoba bertanya pada pembuat program tersebut.

Lewat situsnya, pembuat program PerformanceAnalytics adalah Brian G. Peterson, Ahli Quantitative Financial Analyst. Melalui alamat email yang ada, saya bertanya tentang error tersebut.

Diluar dugaan, tidak lebih dari setengah hari, saya mendapat balasan email dari Brian. Dia menjelaskan dengan panjang lebar, bahwa pengolahan data saya berjenis Time-Series. Untuk itu, data yang telah saya load, harus ditentukan kolom mana sebagai data Series-nya.

Jadi, saya hanya butuh sebuah perintah untuk menentukan kolom mana yang akan menjadi data Series. Perintah-nya sebagai berikut:

> mydata_1 <- as.xts(mydata_1[,2:11],order.by=as.Date(mydata_1[,1]))

Setelah saya mengikuti sarannya, dengan menambahkan perintah diatas, dan Great!!! and it works, saya telah mendapatkan hasilnya.

Thanks to Brian, my Husband, dan OpenSource!

R Statistics? How to Use it?

4 thoughts on “R Statistics? How to Use it?

  • April 19, 2011 at 10:40 am
    Permalink

    Perjuangan yang melelahkan tetapi hasilnya oke banget, ayo bu ditularkan ke kita2.tx…

  • July 3, 2011 at 3:28 pm
    Permalink

    ini program untuk bikin apa bu ??

  • July 4, 2011 at 12:28 pm
    Permalink

    Salah satunya untuk menganalisa performance dari investasi kita (saham, reksadana)

  • July 11, 2011 at 1:44 pm
    Permalink

    wow.. amazing.. you’re a trully independent learner.. kalo saya udah nangis bombay tuh..hehe.. nanti diajarin ke kita2 ya bu..

Comments are closed.