Beberapa waktu yang lalu saya menulis research tentang Performance Reksadana. Alhamdulillah, paper itu bisa saya presentasikan di International Conference of the Society for Global Business & Economic Development yang ke-11 di Bratislava, Slovakia. Sebagai dosen, saya tidak puas kalau paper saya hanya di presentasikan, tapi saya juga ingin mem-publikasikannya.

Akhirnya, saya mencari International Journal yang mau mempublikasikan paper saya ini. Ketemulah satu International Journal yang menurut saya representatif. Setelah submitting, saya sempat menunggu sekitar 6 bulan untuk mendapatkan komentar dari reviewer. Pada saat baca komentarnya, waduuuh banyak hal yang harus saya revisi termasuk re-run the data.

Nah, ini bagian yang menarik dari perjalanan “writing a paper” saya. Karena harus re-run the data, step pertama yang harus saya lakukan adalah mencari statistic software. Analisa awal, saya cukup menggunakan spreadsheet dan analisa selanjutnya, harus dilakukan oleh statistic software.

Kebetulan software yang saya punya adalah GRETL (open source statistics software) yang penggunaannya persis seperti SPSS. Unfortunately, GRETL tidak ada menu untuk menghitung “Conditional Value at Risk” yang saya perlukan untuk penelitian saya ini.

Saya menghabiskan waktu 2 hari untuk searching statistics software, cukup banyak sebenarnya yang menawarkan fitur untuk menghitung Conditional VaR, hanya saja sebagian besar dari mereka berbentuk commercial-software. Mereka menawarkan mulai dari US$200 sampai $600. Apalagi mereka membutuhkan OS Windows sebagai platformnya. Padahal kedua laptop saya hanya terpasang Linux, yang satu Fedora 13 dan satu lagi Ubuntu 10.

Saran suami, saya mencoba untuk searching statistic software yang open source, karena platform saya juga open source. Akhirnya saya menemukan sebuah program dengan nama “Performance Analytics“. Yess, ini yang saya cari. Saya mendownload software tersebut yang hanya sebesar 130kB, kecil ya. Tapi ternyata tidak bisa dijalankan.

Oo, ternyata kata suami, program tadi adalah modul tambahan yang berjalan di program utama yang bernama R Statistic. Jadi, saya harus install dulu R Statistic-nya. Eh, ternyata software ini sudah tersedia di repo-nya Fedora maupun Ubuntu.

Tanpa harus susah mencari dan membeli software, saya cukup menjalankan:

# yum install R
# yum install R-devel

Setelah R selesai di install, langkah selanjutnya:
Jalankan R,

$ R

dan install paket PerformanceAnalytics,

> install.packages("PerformanceAnalytics")

Software siap untuk dijalankan.

What next? tunggu posting berikutnya ya.

Introduction to R

One thought on “Introduction to R

  • July 26, 2011 at 5:25 pm
    Permalink

    What an awosmee way to explain this-now I know everything!

Comments are closed.