Kata diatas merupakan kata-kata yang biasa kita dengar sehari-hari. Untuk STIE Malangkucecwara dimana tempatku bekerja, ATTITUDE ini merupakan akronim dari Appreciative, Thought, Team work, Integrity, Time management, Usefulness, Dedicative, dan Endless Learning. ATTITUDE adalah core value kampusku. Selanjutnya kampus melakukan internalisasi dengan membuat komitmen: “kami bertekad membangun kepemimpinan dalam diri melalui pembudayaan ATTITUDE”. Implikasinya adalah setiap orang dilingkungan STIE Malangkucecwara baik dosen, karyawan, manajemen, maupun mahasiswa harus mengimplementasikan tata nilai ini.

Saya kira gebrakan kampusku ini sangat menyejukkan ditengah pudarnya nilai-nilai moral yang ada di masyarakat. Sebagai “agent of change”, kampus memang harus berani dan bertekad untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara besar yang mempunyai nila-nilai moral yang tinggi.

However, pertama kali aku sempat bingung juga bagaimana cara mengimplementasikan ATTITUDE ini. Alhamdulillah, ternyata kampus sudah berpikir langkah-langkah agar semua komponen yang ada di kampus bisa melaksanakannya. Misalnya, dengan memasukkan ATTITUDE dalam proses pembelajaran, jadi setiap saat dosen mengingatkan, mencontohkan, menunjukkan perilaku ATTITUDE ini kepada mahasiswa. On top of that, semua dosen, karyawan, dan mahasiswa diberi buku “ATTITUDE” yang didalamnya terdapat contoh-contoh perilaku dan strategi implementasinya. Bayangkan kalau 50% aja dosen dan karyawan melaksanakan, maka setiap hari mahasiswa akan dibudayakan dengan “ATTITUDE”, apalagi kalau 100% dosen dan karyawan melakukannya, wah….budaya ATTITUDE akan terinternalisasi dengan cepat.

Sebenarnya aku menulis blog tentang ATTITUDE ini adalah sebagai bagian dari komitmen dalam internalisasi ATTITUDE. Jadi ceritanya begini, aku membuat komitmen dengan mahasiswa untuk tepat waktu dalam perkuliahan, kalau terlambat hukumannya adalah menulis di blog tentang ATTITUDE. Tepat waktu dalam perkuliahan merupakan salah satu implementasi dari “Time management”. Selama ini baik mahasiswa maupun aku tidak pernah terlambat. Namun, minggu ini aku terlambat masuk perkuliahan karena ada tamu. Dengan serentak mahasiswaku bilang “Ibu buat blog”. Aduh, gara-gara tamu, akhirnya aku kena sanksi buat blog.

Semangat mahasiswaku dalam mengimplementasikan ATTITUDE ini juga tercermin dari perilaku mereka, misalnya jika ada salah satu yang berpartisipasi di kelas, maka mahasiswa yang lainnya diam mendengarkan, ini salah satu perwujudan dari Appreciative. Budaya ATTITUDE juga terlihat dari perilaku dosen, misalnya mereka tepat waktu datang untuk mengajar, rapat, bersemangat dalam mempelajari hal yang baru, dan masih banyak contoh perilaku yang lain. Jadi aku merasakan kampus sudah berubah menjadi kampus yang lebih bersemangat untuk menjadi agent of change.

Dari apa yang terjadi dikampusku membuat aku optimis bahwa pada suatu hari Indonesia akan menjadi negara besar jika semua kampus di Indonesia benar-benar menjadi “agent of change”. Hidup kampusku.

ATTITUDE

8 thoughts on “ATTITUDE

  • April 4, 2011 at 10:50 am
    Permalink

    Hiduuupp ATTITUDE,
    Hiduuupp STIE-MCE . . .

  • April 6, 2011 at 8:55 am
    Permalink

    Dear Ibu Nevi …. Salam Kenal Bu.

    Sesuai yang Ibu Tulis mengenai ATTITUDE Apakah hal tersebut termasuk dari Nilai Nilai Kampus MCE atau hanya program MCE???? Mohon Pencerahannya BU…. Kalau kita mengutip dari Tulisan Yang ada di Blog Pak Son Haji Maupun Ibu Istutik …. sering tertulis bahwa sebaik baiknya rencana akan tidak berguna apabila tidak ada Implementasinya…. Apakah sudah dipastikan bahwa semua Keluarga MCE sudah mengetahuinya dan melaksanakannya??? Saya Yakin Apabila NIlai dari Arti Tulisan ATTITUDE itu pasti bagus karena di Blog Ibu ini Pun kami tidak mengetahui apa sih kepanjangan dari kata ATTITUDE itu sendiri karena yang terbahaskan hanya Time Management dan Apreciative. Mohon bantuan dan pencerahannya Bu

    Salam
    Yudha

  • April 6, 2011 at 3:59 pm
    Permalink

    hehehee…

    cool … financial planning class teaching Mrs.Nevi proud. but … that’s exactly what happened in class.

    hidupppp ATTITUDE…
    hidupppp STIE-MCE

    🙂

  • April 6, 2011 at 5:33 pm
    Permalink

    Dear Yuda, ATTITUDE merupakan core value kampus STIE MCE. Semua elemen yang ada di kampus sudah mengetahuinya. Kami (dosen, manajemen, karyawan, dan mahasiswa) berusaha mengimplementasikannya, oleh karena itu ada beberapa cara yang sudah kita lakukan seperti yang saya tulis di blog ini. Kalau masih penasaran, please come to campus, and see it by your self. I would be happy to explain it further to you. By the way, A (Appreciative), T (Time management), T (Thought), I (integrity), T (team work), U (usefulness), D (dedicative), E (Endless learning).

  • April 7, 2011 at 10:16 am
    Permalink

    Dear Ibu Nevi
    Terima kasih atas pencerahannya Bu….. saya sebagai Alumus senang sekali apabila hal ini sudah dijalankan …….. dan saya kira mungkin waktu angkatan saya belum ada( Saya Angkatan 94 Bu)… Semoga STIE MCE dapat terus berjaya dan menciptakan Manusia berwawasan dan berakhlak mulia sehingga berguna bagi nusa bangsa. Amien….. Btw Tolong sampaikan Salam Hormat saya Kepada Ibu Dahniar.. Salam

  • April 13, 2011 at 1:02 pm
    Permalink

    selamat siang bu,
    saya alumnus STIE angk ’07. dari nilai2 ATTITUDE yang saya dapatkan ketika kuliah memang sangat berguna ketika saya memasuki dunia kerja seperti sekarang. jadi tolong untuk lebih digalakkan lagi.

    selain itu, mohon juga supaya mata kuliah untuk bahasa asing khususnya bahasa inggris dan mandarinnya lebih diperdalam karena setau saya bahasa mandarin yang diajarkan hanya dasar2nya saja, padahal didunia kerja menuntut untuk tidak hanya mampu berbahasa inggris tapi juga bahasa mandarin aktif dan pasif.

    mengenai perkuliahan yang saya jalani dulu, kadangkala ada mahasiswa yang mengikuti kuliah hanya diam atau sekedar mengisi absen tetapi ada juga yang sangat aktif. sehingga menurut saya peran dosen untuk menuntut semua mahasiswa apresiative sangat penting jadi mohon dipertimbangkan supaya ilmu yang diperoleh setiap mahasiswa sama gt bu.

    STIE memang kampus yang sangat disegani apalagi didunia kerja terbukti ditempat saya bekerja sekarang ada beberapa alumni STIE juga. saya sangat bangga dapat menempuh pendidikan di STIE MCE.

    jayalah terus STIE MCE.

  • April 14, 2011 at 7:05 am
    Permalink

    @Susi, thanks for your comment. Be an agent of change from STIE Malangkucecwara. I am happy to have an alumni like you.

  • September 7, 2013 at 9:02 pm
    Permalink

    terima kasih bu……
    sudah mengajarkan pentingnya attitude dalam kehidupan sehari-hari

Comments are closed.