Dasar Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen

Untuk memahami tentang akuntansi manajemen, perlu kiranya memahami atau mengingat kembali tentang apa yang dimaksud dengan akuntansi. Akuntansi didefinisikan sebagai aktivitas untuk menyajikan informasi keuangan bagi pemakai untuk pengambilan keputusan. Kata pemakai disini merujuk kepada pemakai informasi keuangan, yang dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori: (1) pemakai internal, yaitu manajemen sebagai pihak yang mengelola perusahaan, (2) pemakai eksternal, yang mencakup, investor, kreditur, pemerintah. Sementara akuntansi itu sendiri dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori utama (1) akuntansi keuangan (financial accounting), (2) akuntansi manajemen (management accounting).

Secara umum akuntansi manajemen didefinisikan sebagai  proses mengidentifikasi, mengukur, melaporkan dan menganalisa tentang peristiwa ekonomi untuk mencapai tujuan organisasi. Fokus akuntansi manajemen adalah menyajikan informasi bagi pihak manajemen. Misalnya manajer pemasaran menginginkan laporan penjualan tersegmen berdasarkan produk untuk menilai kinerja tiap segmen. Manajer produksi menginginkan informasi biaya untuk memutuskan apakah memproduksi sendiri ataukah membeli suatu produk dari pihak eksternal. Dari kedua contoh tersebut jelas terlihat bahwa akuntansi manajemen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari fungsi atau tugas – tugas manajemen. Secara konvensional, akuntansi manajemen terbatas pada informasi keuangan internal yang berorientasi historis. Tetapi, meningkatnya peran akuntansi manajemen untuk membantu manajer dalam pemecahan masalah telah mengakibatkan perubahan akuntansi manajemen untuk memasukkan data eksternal dan non keuangan dan informasi yang berorientasi yang akan datang.

Informasi Akuntansi Manajemen

Dalam menjalankan fungsi atau tugasnya yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengambilan keputusan  manajemen membutuhkan informasi akuntansi manajemen. Informasi tersebut dapat diperoleh dari suatu sistem yang disebut sistem akuntansi manajemen (SAM). Informasi akuntansi manajemen  yang dihasilkan oleh sistem tersebut dapat berupa berbagai macam format yang disesuaikan dengan kebutuhan manajemen dalam pengambilan keputusan. Contoh dari informasi akuntansi manajamen adalah laporan penjualan per produk, laporan rugi laba per segmen, laporan  biaya mutu.

Informasi akuntansi manajemen diperlukan oleh berbagai tingkat manajemen, baik manajemen atas, manajemen menengah maupun manajemen bawah. Pada dasarnya informasi yang dibutuhkan oleh setiap tingkat manajemen berbeda satu sama lainnya. Keputusan yang dibuat oleh manajemen bawah biasanya adalah keputusan yang terstruktur artinya bahwa keputusan tersebut bersifat rutin atau berulang dan terdapat prosedur atau metode yang jelas untuk menanganinya.Jenis informasi akuntansi manajemen yang diperlukan pada level ini umumnya sudah diketahui dan akan sama untuk masing – masing jenis keputusan. Manajemen tingkat bawah, misalnya supervisor, memerlukan informasi akuntansi manajemen untuk melaksanakan dan mengendalikan kegiatan harian mereka.

Manajemen atas, seperti direktur dan para wakil direktur, memerlukan informasi akuntansi manajemen yang dapat digunakan untuk melakukan perencanaan stratejik. Manajemen tingkat ini biasanya dihadapkan pada keputusan yang sifatnya tidak terstruktur yang memerlukan penilaian manajerial.  Keputusan yang tidak terstruktur, biasanya tidak rutin, tidak ada metode universal yang dapat digunakan. Contoh keputusan jenis ini adalah keputusan melakukan merger atau akuisisi. Manajemen menengah, seperti manajer fungsional dan kepala cabang, memerlukan informasi yang dapat digunakan untuk mengendalikan dan menilai kinerja unit operasi.

Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen: Persamaan dan Perbedaan

Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Fokus utama akuntansi keuangan adalah menyajikan informasi bagi pihak eksternal, misalnya pemegang saham, kreditor, analis keuangan, pemerintah. Misalnya pemerintah memerlukan informasi akuntansi keuangan untuk menentukan jumlah pajak yang terhutang, investor untuk menentukan  apakah perlu menambah jumlah investasi atau bahkan menarik investasinya. Akuntansi manajemen sebaliknya memfokuskan informasi untuk kebutuhan pihak internal perusahaan (misalnya; manajer, eksekutif) untuk pengambilan keputusan. Contohnya adalah manajer menggunakan informasi akuntansi manajemen untuk pengambilan keputusan ditutup tidaknya lini produk tertentu, menolak atau menerima pesanan khusus.

Akuntansi keuangan merupakan pemrosesan transaksi dan penyusunan laporan keuangan. seperti neraca, laporan rugi laba, dan laporan arus kas. Dalam menyusun laporan keuangan tersebut, akuntansi keuangan harus menyajikannya sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima umum (generally accepted accounting principles), atau di Indonesia harus sesuai dengan standar akuntansi keuangan (SAK). Sebaliknya akuntansi manajemen karena fokus penyajiannya adalah pada pihak internal perusahaan, tidak pelu mengikuti SAK.

Informasi yang disajikan oleh akuntansi keuangan berkaitan erat dengan informasi yang terjadi pada masa lalu. Oleh karenanya data yang digunakan untuk penyusunan informasi akuntansi keuangan juga adalah data masa lalu (historis). Akuntansi manajemen terutama menyajikan informasi  berorientasi yang akan datang. Misalkan saja manajemen ingin membuat keputusan tentang perlu tidaknya melakukan penambahan mesin baru,  informasi yang diperlukan adalah prediksi tentang pendapatan dan biaya yang akan terjadi di masa yang akan datang. Tetapi bukan berarti data masa lalu tidak digunakan sama sekali, data masa lalu tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat prediksi tentang informasi mendatang.

Akuntansi keuangan pada dasarnya bertujuan untuk menyajikan informasi akuntansi keuangan yangg menggambarkan tentang posisi keseluruhan keuangan perusahaan sebagai suatu kesatuan unit usaha. Informasi yang disajikan oleh akuntansi manajemen dapat berupa informasi yang terkait dengan bagian atau segmen yang ada didalam organisasi. Misalkan saja  manajemen ingin melihat kinerja tiap segmen, maka akuntansi manajemen  dapat menyajikan informasi rugi laba per segmen, laporan rugi  per lini produk, per daerah pemasaran, per konsumen, per divisi.

Dalam melakukan fungsinya manajer sering menggunakan informasi akuntansi keuangan sebagai dasar dalam merencanakan, mengorganisir dan mengendalikan aktivitas yang terjadi perusahaan. Walaupun informasi keuangan dapat membantu manajer untuk melaksanakan fungsinya, namun informasi akuntansi keuangan tersebut dirasa manajer terlampau umum, terlalu terlambat, terfokus pada biaya masa lalu yang tidak relevan, dan tidak berorientasi tindakan.

Persamaan Antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Meskipun akuntansi keuangan memiliki beberapa perbedaan dengan akuntansi manajemen, ternyata bila kita teliti terdapat paling tidak dua persamaan antara akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen. Pertama, akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen menggunakan sumber informasi yang sama, yaitu informasi yang berasal dari sistem akuntansi perusahaan. Sistem akuntansi pada dasarnya disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi, baik bagi internal maupun pihak eksternal.

Kedua, akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen sangat menekankan pada  konsep pertanggungjawaban.  Manajemen sebagai pihak yang mengelola perusahaan mempunyai kewajiban untuk mempertanggungjawabkan operasi perusahaan kepada semua pihak yang berkepentingan. Akuntansi keuangan melaporkan kegiatan operasi perusahaan secara keseluruhan dalam bentuk  neraca, laporan rugi laba, dan laporan arus kas. Akuntansi manajemen melaporan operasi perusahaan dalam bentuk laporan yang lebih rinci tentang aktivitas tiap unit dalam organisasi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>