Manajemen dan Kebutuhan akan INFORMASI AKUNTANSI

Setiap perusahaan baik yang berorientasi laba ataupun yang tidak (nir laba) pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan manajemen perlu mengelola sumberdaya yang tersedia sebaik mungkin. Manajemen sebagai pengelola organisasi memiliki berbagai macam fungsi. Berdasarkan telaah berbagai literatur, fungsi manajemen dapat diringkas ke dalam empat fungsi pokok: merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan dan mengambil keputusan. Dalam upaya menjalankan fungsinya, manajemen memerlukan informasi akuntansi manajemen.

Continue reading “Manajemen dan Kebutuhan akan INFORMASI AKUNTANSI”

Dasar Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen

Untuk memahami tentang akuntansi manajemen, perlu kiranya memahami atau mengingat kembali tentang apa yang dimaksud dengan akuntansi. Akuntansi didefinisikan sebagai aktivitas untuk menyajikan informasi keuangan bagi pemakai untuk pengambilan keputusan. Kata pemakai disini merujuk kepada pemakai informasi keuangan, yang dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori: (1) pemakai internal, yaitu manajemen sebagai pihak yang mengelola perusahaan, (2) pemakai eksternal, yang mencakup, investor, kreditur, pemerintah. Sementara akuntansi itu sendiri dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori utama (1) akuntansi keuangan (financial accounting), (2) akuntansi manajemen (management accounting).

Secara umum akuntansi manajemen didefinisikan sebagai  proses mengidentifikasi, mengukur, melaporkan dan menganalisa tentang peristiwa ekonomi untuk mencapai tujuan organisasi. Fokus akuntansi manajemen adalah menyajikan informasi bagi pihak manajemen. Misalnya manajer pemasaran menginginkan laporan penjualan tersegmen berdasarkan produk untuk menilai kinerja tiap segmen. Manajer produksi menginginkan informasi biaya untuk memutuskan apakah memproduksi sendiri ataukah membeli suatu produk dari pihak eksternal. Dari kedua contoh tersebut jelas terlihat bahwa akuntansi manajemen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari fungsi atau tugas – tugas manajemen. Secara konvensional, akuntansi manajemen terbatas pada informasi keuangan internal yang berorientasi historis. Tetapi, meningkatnya peran akuntansi manajemen untuk membantu manajer dalam pemecahan masalah telah mengakibatkan perubahan akuntansi manajemen untuk memasukkan data eksternal dan non keuangan dan informasi yang berorientasi yang akan datang.
Continue reading “Dasar Akuntansi Manajemen”

Teknologi Informasi: Peluang dan Tantangan bagi SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN KONTEMPORER

PENDAHULUAN

Teknologi informasi telah berkembang demikian pesatnya dan membawa dampak yang signifikan dalam segala aspek kehidupan. Sejak ditemukannya komputer pada tahun 1955, peradaban dunia telah memasuki era informasi. Komputer yang sebelumnya hanya digunakan untuk membantu dalam pekerjaan administrasi, sekarang dengan berkembangnya teknologi telekomunikasi dan teknologi otomasi kantor, pemanfaatan komputer  telah meluas sebagai alat pemrosesan, komunikasi dan distribusi informasi. Bahkan saat ini teknologi sudah berfungsi lebih strategis yaitu sebagai alat persaingan.

Teknologi informasi pada saat sekarang ini sudah menjamur di berbagai kalangan. Dengan adanya teknologi informasi, jarak dan waktu bukan lagi menjadi masalah yang perlu dipikirkan, karena informasi dapat diakses dari mana saja dan kapan saja ke berbagai belahan dunia hanya dalam hitungan detik. Pengguna teknologi informasi kini tidak perlu lagi pergi ke suatu negara tertentu untuk mendapatkan sebuah informasi yang diperlukan. Dengan menggunakan sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan internet segala informasi, hiburan, dan bahkan berbelanja sekalipun dapat kita lakukan. Bagi perusahaan yang beroperasi dari berbagai lokasi dan memiliki pemasok dan konsumen yang tersebar dan terpisah oleh jarak yang cukup jauh. Teknologi informasi mampu mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan mempertukarkan berbagai aktivitas bisnis penting yang terdistribusi secara geografis. Dengan kata lain, aspek jarak dan waktu menjadi relatif dekat dan singkat.

Continue reading “Teknologi Informasi: Peluang dan Tantangan bagi SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN KONTEMPORER”