Tanggal 28 Februari 2011 ada peraturan pajak terbaru yang patut di acungi jempol, yaitu tentang jika kita membeli rumah dengan harga maksimal 70 juta dengan type maksimal 36 dan merupakan rumah pertama bagi kita. Maka, tidak perlu membayar PPN sebesar 10% ( seharusnya membayar 7 juta), hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No.31/PMK/03/2011. Dan peraturan ini efektif berlaku mper maret 2011.

Sebelumnya, jika kita membeli rumah dengan harga di atas 55 juta terkena kewajiban membayar PPN 10 %. Peraturan ini di rasa oleh pembeli yang notabene banyak dari rakyat kalangan bawah merasa keberatan, jangankan untuk membayar pajak rumah yang 10 %. Untuk membayar rumah hampir semua pembeli selalu minta bantuan pihak bank agar dapat diberi pinjaman kredit. Jika mendapat KPR dari bank pembali merasa agak terbantu (walaupun harus membayar bunga yang hampir mencapai 11%/th) walaupun mendapat kredit tetapi pembeli masih tetap harus membayar uang muka yang 30 % nya. Untuk membayar uang muka yang 30% itu saja pembeli sudah minta diangsur 6 – 12 bulan, belum lagi saat akta jual beli ada biaya notaris dan pajak penghasilan 5 %. Jika di tambah PPN 10 % apakah pembeli akan mampu???? Peraturan ini merupakan secercah harapan bagi para calon pembeli rumah sederhana. Tetapi…apa iya rumah dengan harga 70 juta itu akan layak huni? karena, harga rumah sebesar itu tentu sangat kurang layak.

Akan lebih baik jika pemerintah membantu bukan saja masyarakat skala bawah saja, tetapi perlu juga untuk membantu masyarakat menengah yang biasanya membeli rumah dengan type 36 bukan lagi 70 juta tetapi sekitar 200 jutaan. Karena harga 200 jutaan lebih realistis dan layak huni.

Semoga peraturan ini akan diikuti oleh peraturan berikutnya yang menaikkan grade 70 juta menjadi 200 jutaan.

SALAM…….

Pajak Rumah harga maksimal 70 juta dan type maksimal 36 bebas PPN

3 thoughts on “Pajak Rumah harga maksimal 70 juta dan type maksimal 36 bebas PPN

Comments are closed.