DPR meminta agar Tax ratio dinaikkan dari 12% menjadi 12,5%, karena negara lain tax rationya sudah mencapai 15% dibanding Gross National Brutonya.Yang dimaksud peningkatan tax ratio tentu saja peningkatan jumlah pajak yang harus dibayar oleh warga negara kepada negaranya.

Dengan adanya permintaan DPR kepada Menteri Keuangan ini memunculkan pertanyaan “Adilkah kenaikan ini untuk rakyat?”.

Jika kenaikan tax ratio itu ditujukan pada konsumsi barang-barang mewah (PPnBM) adalah¬† hal yang sangat wajar…karena masyarakat yang mampu membeli barang mewah berarti adalah masyarakat dengan pendapatan yang besar.

Tetapi jika pajak yang dimaksud adalah pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN), hal ini kurang tepat. Kenapa? karena  wajib pajak badan atau wajib pajak orang pribadi yang menjual barang akan menambah harga jualnya jika ada beban Pajak. dan jika ada tambahan beban pajak tentu saja harga barang akan bertambah mahal. Karena, tidak mungkin pengusaha tidak memperhitungkan pajak sebagai beban/biaya.

Apalagi pajak pertambahan nilai (PPN) karena PPN dikenakan kepada konsumen akhir tanpa memilah apakah konsumen itu level masyarakat kaya ataukah rakyat miskin. Adilkah ini? contoh pajak yang dibayar oleh semuaorang tanpa memandang strata ekonomi adalah PPN atas pembelian barang. Barang yang dimaksud mulai barang kebutuhan pokok mulai dari kebutuhan pangan, sandang dan papan , yang kita semua tahun adalah kebutuhan mendasar atas semua orang. Contoh PPN dikenakan atas produk Seperti susu, dan lain sebagainya.

Kecuali jika PPN dikenakan atas pembelian  barang-barang bermerk dengan mutu yang sangat bagus dan harga yang tidak terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Semoga para pembuat peraturan pajak dapat membuat peraturan yang adil bagi rakyat miskin. Dan semoga tax ratio yang dimaksud adalah peningkatan pajak yang ditujukan untuk warga negara kita yang berada pada masyarakat dengan level menengah dan ke atas bukan kepada semua level. Karena kita semua tahu bahwa masyarakat dengan level menengah ke bawah pada kondisi sekarang ini masih berada pada kondisi yang masih memerlukan bantuan dari pemerintah bukan malah membantu pemerintah dalam hal pembayaran pajak…..

Semoga penerimaan pajak negara kita bisa mengalami peningkatan agar pemerintah dapat melakukan pembangunan sesuai APBN tanpa meninggalkan prinsip keadilan bagi rakyatnya…

DPR :Tax Ratio NAIK !!!, adilkah untuk rakyat???