snapshot0941Shalom teman-teman… Namaku winda, nama yang cukup simple karna tanpa nama panjang. Mungkin orang tuaku ngasi nama simple seperti itu, biar gampang dipanggilnya atau lagi malas mikir nama panjang. Hmm.. Lupakan tentang nama panjang. Aku dilahirkan disuatu kota yang dikenal dengan nama Bima. Saat tanggal 10 bulan maret dan tahun 1988, aku terlahir didunia ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa gangguan sedikit pun. Dan saat ini aku berada diposisi anak kedua dari lima bersaudara. Waow… jumlah saudara yang cukup banyak. Ketika aku mulai remaja aku sangat menyukai olahraga renang. Aku sangat tergila-gila dengan renang, sampai sekarang hobiku ini tetap berlanjut. Tapi karena terlalu banyak kegiatan lain terutama tugas dari kampus, sehingga hobiku berubah jadi hobi tidur.

Ini adalah awal aku mulai belajar dikampus malangkucecewara. Pada tahun 2007 aku mendaftarkan diri STIE Malangkucecwara. Kampus yang rindang karena banyak pepohonan. Di kampus ini aku mengambil jurusan akuntansi dan aku diberikan nomor penanda, bahwa aku resmi diterima dan ditetapkan sebagai mahasiswi di Stie Malangkucecwara dan nomor ini harus aku gunakan sampai aku lulus dari kampus ini nanti, nomor ini lebih dikenal dengan nama NPK. Nomor yang diberikan padaku sebagai berikut A.2007.1.30669. NPK sangat berpengaruh bagiku karena para dosen akan memasuki nilai-nilai dengan melihat nomor tersebut. Jika sampai salah melihat npk bisa sangat sangat sangat gawat. Untungnya juga tidak terdapat nomor yang sama, kalo pun sama pasti hanya angka depannya saja. Ini lah awal aku mulai memasukki kampus. Kegiatanpun dimulai dari semester 1.

Dan ini lah ceritanya kenapa aku bisa sampai berpikir untuk membuat suatu produk yang unik. Dari semester 1 sampai semester 6 aku belum pernah mendapat matakuliah seperti ini. Awal mulai kuliah di semester 7 ini, aku menempuh mata kuliah mega creativity. Pertama kali masuk kelas mega creativity, aku tidak mengetahui ini mata kuliah seperti apa karena dosennya sendiri yaitu bapak Eddy Suprihadi hanya berkata kita akan bersenang-senang di kelas ini. Pastinya ini yang ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa san mahasiswi, kuliah tanpa beban pikiran dan tanpa ujian yang melelahkan. Setelah pak eddy banyak bercerita tentang mega creativity, aku baru menyadari betapa uniknya mata kuliah ini dan sangat menarik. Di awal perkuliahan kami mendapat tugas. Tugas? Kerjaan yang paling malas dilakukan oleh para mahasiswi maupun mahasiswa, namun setelah diberitahu tugas yang harus kami buat, aku sempat kanget plus bingung. Kami mendapat titah harus membuat suatu produk yang unik dan produk yang belum ada didunia ini. Berkali-kali aku bertanya didalam hati produk macam apa yang dimaksud? Setelah dijelaskan oleh pak eddy, aku mulai paham maksud dari tugas ini. Waktu yang diberikan pun cukup panjang yaitu 2minggu namun karena tugas matakuliah lain sangat banyak, waktu 2minggu terasa sangat cepat. Dan aku mulai bingung lagi karena syarat yang diberikan tidak hanya dalam jangka waktu 2minggu tapi harus menceritakan dan banyaknya kata yang diminta harus 1500-1600 kata. Hmm…aku mulai kehabisan kata-kata. Namun, setelah aku berpikir lagi dan merenungkan semua ini, kuliah mega creativity sangat bermanfaat karena kami diajarkan untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi tersebut. Harus selalu bermimpi dan memikirkan barang apa yang bisa digabung-gabungkan sehingga menjadi barang yang sekiranya cukup unik sampai benar-benar unik.

Awalnya aku sempat bingung harus membuat produk apa dalam jangka waktu 2minggu. Setiap hari aku harus menyocokkan barang satu dengan barang yang lainnya tapi tetap saja tidak menemukan barang yang bisa dijadikan produk baru. Tapi betapa baiknya Bapa di surga, Ia selalu membantu aku dalam keadaan yang membingungkan seperti ini. Saat mengendarai motor tiba-tiba aku diberikan suatu gambaran ide. Pada waktu itu cuaca dalam keadaan mendung sangat dan tidak lama kemudian turunlah hujan yang cukup deras dan saat itu juga terlintas dipikiranku untuk membuat motor tapi seperti mobil. Kenapa tidak ada kendaraan seperti itu? Aku sempat berpikir begitu. Dalam keadaan kehujanan aku cukup kesal karena kehujanan dan aku lupa untuk membawa jas hujan, alhasil seluruh badanku basah total.

Karena kejadian ini aku bermimpi menciptakan suatu produk anti hujan dan anti panas. Dengan adanya produk ini para pengguna motor tidak akan berasa panas yang terlalu panas dan hujanpun tidak akan membasahi kita. Setelah banyak berpikir, aku putuskan untuk memciptakan produk ini. Selanjutkan nama produkpun harus dipikirkan, berpikir lagi. Bingung, pusing, tidak tahu harus memberi nama apa. Dan aku putuskan untuk memberi nama pada produk ini yaitu “MOMO” singkatan dari motor mobil. Namun, ada cerita lain dari nama ini, momo tidak hanya aku ambil dari singkatan motor mobil tapi nama momo sangat melekat bagiku, momo merupakan nama panggilan dari seorang teman untuk aku. Dan, yang memberi nama ini adalah teman seperjuanganku yaitu bella. Makasi buat bella karena telah menjadi inspirasi untuk nama produkku. 

Setelah banyak bercerita tentang aku dan nama produkku. Mari simak produk yang telah aku rancang, dan ini adalah gambar atau model dari produk yang telah aku ciptakan.

megret

Keterangan bagian produk yang tampak pada gambar :

  1. Setir : fungsi dari setir adalah untuk menggerakkan roda bagian depan baik kekiri maupun kekanan sehingga bisa terarah dengan baik selama mengendarai.
  2. Rem tangan kiri dan kanan : rem tangan kiri berfungsi sebagi rem belakang dan rem tangan kanan berfungsi sebagai rem depan.
  3. Motor Seat : fungsi dari motor seat ini sendiri sebagai tempat duduk dan memberikan kenyaman bagi pengguna. Dan dibagian bawah tepat dibawah motor seat terdapat bagasi untuk penyimpanan barang-barang kecil seperti jaket dll.
  4. Roda motor : roda motor sendiri berfungsi sebagai penggerak motor untuk melaju dijalan, namun roda motor selalu berhubungan dengan tekanan gas yang ada.
  5. Knalpot : knalpot sebagai pembuangan gas yang telah diolah mesin slama pemakaian.
  6. Lampu depan : berfungsi sebagi penerang dalam keadaan gelap.
  7. Security Key : fungsi dari security key sangat penting karena dengan adanya security key maka kendaraan ini akan dapat dihidupkan.
  8. Fiber Roof : berfungsi sebagai atap atau penutup bagian atas dan depan motor. Fiber roof atas berfungsi sebagai penghalang hujan dan panas, sedangkan fiber roof depan berfungsi sebagai penghalang debu dan cipratan air hujan dari kendaraan yang ada didepan.
  9. Tombol Pengontrol : fungsi dari tombol ini adalah untuk menggerakkan penutup bagian atas.
  10. Wiper : fungsi dari wiper adalah untuk menyapu air hujan yang berada pada bagian fiber roof depan.

Sedangkan bagian produk yang tidak terlihat :

  1. Tombol Wiper : tombol wiper berfungsi sebagai pengerak wiper baik ke kiri maupun ke kanan.
  2. Tangki : tangki berfungsi sebagai tempat penyimpanan bensin, sehingga motor dapat bergerak dan melaju.
  3. Speedometer : speedometer berguna sebagai penanda kilometer, sehingga pengguna dapat mengetahui kecepatan yang ditemput dan dapat mengetahui ukuran bensin yang dibutuhkan.
  4. Spion : spion berguna sebagai melihat arah belakang.
  5. Pedal Kaki : berfungsi sebagai tempat tumpuan kaki.

Cara penggunaan produk baru ini sama dengan penggunaan kendaraan motor biasa, namun yang membuat berbeda terdapat pada bagian fiber roof dan tombol pengontrol. Perbedaan ini lah yang membuat produk ini lebih unik dan berbeda dari kendaraan motor biasanya. Selain memiliki keunikan tersendiriri produk yang aku ciptakan ini memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Silakan simak keunggulan dan kelemahan yang terdapat.

Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah pengguna tidak akan merasakan terik matahari yang sangat panas dan tidak akan terkena hujan yang mengakibatkan pengguna basah seutuhnnya. Dengan adanya penutup pada bagian atas motor pengguna akan merasa kesejukkan pada siang hari dan tidak kebasahan pada saat hujan, dan hal ini dapat membuat para pengguna lebih nyaman selama berkendaraan. Pada saat pemasangan fiber roof pengguna tidak akan mengalami kesusahan dan merepotkan karena hanya menekan tombol pengontrol fiber roof secara otomatis dapat langsung bergerak kearah depan dan terpasang dengan sendirinya. Ketika turun hujan pada bagian fiber roof depan air hujan dapat dihapus atau disapu dengan menggunakan wiper sehingga pandangan tidak akan terhalangi dengan rintik air hujan.

Tidak hanya keunggulan yang dimiliki produk ini namun terdapat juga kelemahan seperti pada saat terjadi hujan produk ini tidak melindungi pengguna dari cipratan kendaraan lainnya, cipratan akan masuk dari arah samping sehingga kemungkinan basah akan terjadi. Setiap bulan dilakukan pengecekan terhadap kendaraan. Dan, jika karet wiper tidak dalam keadaan bagus harus dilakukan pengantian terhadap karet wiper.

Tombol pengontrol dapat digunakan jika ingin menggerakkan penutup bagian atas. Letak dari tombol pengontrol ini sendiri terdapat pada bagian sebelah kanan kunci penghidup motor. Para pengguna dapat menggunakan dan tidak menggunakan atap yang ada. Cara kerja atap ini sendiri cukup unik karena pada saat pengguna menekan tombol pengontrol maka fiber roof akan bergerak kebagian depan sehingga akan menyatu secara otomatis pada bagian fiber roof depan. Lebar atap atau fiber roof ini sendiri akan lebih luas atau lebih lebar dari setir motor. Namun, lebar fiber roof tidak akan menganggu cara kerja setir motor ini sendiri karena fiber roof depan dan atas tidak menyatu dengan setir motor. Produk ini juga harus mendapat perawatan terutama pada fiber roof, tujuannya adalah untuk menghindari kemacetan pada saat ingin menggunakan atap atau fiber roof tersebut, selain hal tersebut dibutuhkannya perawatan pada kendaraan ini untuk menghindari kerusakan pada fiber roof. Sedangkan, pada tombol wiper terletak disebelah kiri tombol lampu jauh.

Demikianlah penjelasan dan cerita yang cukup panjang dari saya. Aku berharap semoga produk seperti ini dapat secepatnya tercipta dan terwujud menjadi nyata, mungkin tidak saat ini tapi aku berharap suatu saat nanti atau dimasa yang akan datang ketika teknologi semakin maju dan semakin hebat dapat memciptakan produk ini menjadi benar-benar nyata. Dengan adanya kendaraan seperti ini mungkin banyak yang menginginkannya juga tidak hanya aku mungkin masyarakat luas juga menginginkannya hal yang sama denganku. Maaf jika terjadi banyak pengulangan kata, kata-kata tidak penting, maupun kesalahan kata. Banyaknya syarat penentuan kata sampai-sampai harus memasukkan kata yang sudah terpakai dan kata yang tidak penting. Terima kasih kepada pembaca yang mau membaca artikel ini.

Winda
A.2007.1.30669

STIE-MCE.

Share
1 Comments