eronAssalamualaikum……Halo apa kabar ? perkenalkan namaku Eron Budiman Jaya , aku terlahir di kota Ngalam tercinta pada 28 Agustus 1990 . aku biasa di panggil Eron oleh teman – temanku dan saat ini aku sedang berkuliah di STIE Malang Kucecwara dikampus itu aku tercatat sebagai mahasiswa jurusan akutansi yang mempunyai nomor pokok mahasiswa A.2010.1.31473. Aku sekarang masih semester 1 alias MABA (Mahasiswa Baru) yang baru pertama kali ini mengenal mata kuliah Mega Creativity yang dosennya bernama Bapak Eddy.

Di minggu – minggu awal bapak Eddy memberikan sebuah penjelasan tentang apa itu berpikir secara kreatif , manfaat berpikir kreatif , serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Beliau selalu memberikan latihan-latihan serta tugas yang mengasah kreativitas mahasiswanya agar dapat berkembang yaitu membuat sebuah produk baru yang benar-benar murni ide kami sebagai mahasiswa yang bersifat positif, unik dan juga berbeda dan juga bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak.


Awal-awalnya aku mengalami kesulitan untuk membuat produk apa, nggak ada sedikitpun ide yang terlintas di pikiranku , aku harus berkali – kali berpikir , melihat kesana kemari untuk sekedar mencari inspirasi sekalian juga cuci mata. Tapi ternyata mencari sebuah inspirasi baru itu susah, tidak semudah yang kita bayangkan, jadi pantas saja untuk sebuah ide baru itu dihargai dengan sangat mahal, karena untuk mencari inspirasi itu sangat sulit dan nggak mudah sama sekali. Jadi teman – teman kalau nanti suatu saat ada teman kita yang lain mencetuskan suatu ide atau pendapat yang berbeda yang mungkin dimata kita itu aneh dan nggak layak, buruk ataupun baik pendapat itu akan jauh lebih baik kalau kita menghargainya karena belum tentu juga kita mampu memberikan suatu ide atau pendapat dalam sebuah diskusi. Hehehe… By The Way kok jadi panjang lebar,kembali ke topik. Setelah bingung mencari berjam-jam melihat semua benda sekelilingku yang mungkin dapat aku jadikan “new produk”, akhirnya aku menemukan ide tersebut.yaitu kaleng minuman. Kaleng minuman yang aku maksud disini bukan kaleng minuman biasa , tetapi kaleng minuman serbaguna yang dapat berfungsi sebagai alat pertolongan yang sangat dibutuhkan disaat genting , seperti lampu senter , kompas , meteran , semprotan anti serangga , serta pisau lipat atau biasa disebut “cutter”.

LATAR BELAKANG…………

Kebutuhan manusia pada zaman sekarang memang semakin bertambah terus menerus dan tidak dapat dipungkiri menuntut kita untuk ikut kedalamnya . termasuk kebutuhan akan sesuatu yang praktis , ringkas , cepat dan juga instan. Sebagai contohnya kita akan bepergian ke suatu tempat pasti kita membutuhkan alat transportasi yang mendukung seperti sepeda motor , mobil dll. Kita pasti tidak ingin berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dengan berjalan kaki.yang jelas pasti kita akan capek. Itu mungkin hanya secuil contoh kebutuhan manusia pada zaman atau era globalisasi saat ini.

Aku sangat sekali ingin membuat sesuatu yang sangat berguna dan bermanfaat bagi orang lain . sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini . yaitu membuat benda yang dapat digunakan dikondisi-kondisi biasa sampai paling genting sekalipun. Seperti menggabungkan 5 benda sekalipun dalam satu bentuk atau produk , Tapi bagaimana caranya?

Aku melihat bentuk kaleng minuman adalah solusi yang baik untuk membuat sebuah alat yang dapat berguna. Seperti menggabungkan lampu senter , kompas , penyemprot anti serangga , meteran , pisau lipat atau “cutter” dalam satu bentuk , yaitu bentuk kaleng minuman.Sebuah proses yang sangat rumit namun aku pasti bisa mewujudkannya.

Dari kesimpulan diatas aku mendapatkan suatu ide yang menurut aku ini sangat bagus dan efisien, yaitu membuat Diverse Can atau kaleng serbaguna. Dengan teknologi yang ramah lingkungan ini dan pasti dapat menjadi solusi tepat untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan sesuatu yang praktis dan instan seperti yang terjadi sekarang , seperti orang yang tersesat di hutan .

Tampilan Produk………..

kaleng-mantep

Spesifikasi Diverse Can (Kaleng Serbaguna) :

  1. lampu senter ukuran standar dengan 3 buah lampu LED
  2. tabung penyemprot anti serangga dengan ukuran 0,1 ml
  3. meteran atau pengukur dengan maksimal panjang pengukur 12 meter
  4. pisau lipat dengan 2 buah mata pisau standar dan bergerigi
  5. kompas penunjuk arah mata angin

lain-lain :

1. baterai senter jenis Li-ion EBIP -210A ; 3,7 v ; 2500 mAh

2. kabel USB + adaptor

3. refill penyemprot anti serangga 10 ml

Kaleng minuman Diverse Can dapat digunakan dalam 5 fungsi yaitu :

  1. Mode lampu senter (Flashlight)

Tarik kaleng dengan kedua tangan kearah yang berlawanan , kemudian tarik dan lepas tubuh kaleng bagian tengah dan depan . lalu buka penutup kaleng bawah (yang dimaksud disini penutup “compass”) dan nyalakan.

  1. Mode penunjuk arah (Compass)

Lepas penutup kaleng bagian bawah , lepaskan tali pengait dan kompas siap digunakan

  1. Mode penyemprot anti serangga (Anti Bugs Sprayer)

Lepas penutup kaleng dengan menarik tuas pengunci kaleng (seperti membuka kaleng minuman biasa) , lalu akan keluar kepala penyemprot dan penyemprot anti serangga siap digunakan

  1. Mode pengukur (Measures Tape)

Lepas bagian atas dan bagian tengah kaleng seperti mode penyemprot anti serangga dan mode lampu senter. Lalu pada bagian tengah kaleng terdapat penutup kecil , kemudian buka dan tarik pengukur.

  1. Mode pisau lipat /pemotong (Cutter)

Lepas kaleng bagian atas dan tengah . kemudian ambil pisau lipat/pemotong yang menempel pada dinding kaleng mode senter.

Keunggulan Diverse Can :

  1. dapat digunakan dalam situasi mati lampu ataupun mencari benda-benda dalam gelap.
  2. dapat digunakan dalam kondisi tersesat untuk mencari jalan pulang atau keluar
  3. dapat digunakan dalam mengatasi gigitan ataupun gangguan serangga apapun.
  4. dapat digunakan dalam mengukur panjang dan lebar suatu benda
  5. dapat digunakan dalam memotong , mengiris , menguliti suatu benda

kelemahan Diverse Can :

  1. berat kaleng yang mencapai 0,85 kg
  2. kurang praktis jika di saku dalam kantong baju atau celana panjang
  3. harga yang lumayan mahal , yaitu Rp.75.000.- per kaleng

KESIMPULAN

Dengan adanya alat penemuan aku ini , tentunya sangat bermanfaat bagi manusia dan juga bumi ini, selain ramah lingkungan dengan bentuknya yang “eye catching” , simple , praktis , juga dapat dibawa kemana-mana , kapanpun dan dimanapun kita berada. Segala Keterbatasan kita dalam melakukan kegiatan yang tidak memungkinkan sekalipun dapat kita kerjakan dengan bantuan kaleng serbaguna ini.

aku berharap , semoga kelak di masa mendatang ide ini dapat terealisasikan , dibuat secara massal dan tentunya dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan. Semoga para vendor-vendor , pengusaha-pengusaha besar baik dari dalam negeri maupun luar negeri dapat mewujudkan ide aku tersebut.

PENUTUP

Dari penjelasan ideku diatas semua benda yang ada disekeliling kita bisa kita pergunakan dengan bijak dan dapat dibuat menjadi sesuatu yang berguna buat kehidupan kita, tidak hanya Diverse Can ini adalah hanya salah satu ide dan inovasi baru untuk menolong dan membantu sesama manusia, karena memang menolong sesama adalah sama dengan menolong diri kita sendiri dan kita masih harus banyak – banyak pembenahan dari kita sebagai manusia yang berakal untuk menolong sesama , namun masih banyak ide dan inovasi dari teman – teman punya yang juga bisa menolong sesama manusia dan juga bermanfaat bagi masyarakat banyak seperti membuat sesuatu yang lebih bermanfaat lagi dan banyak lainnya, pasti teman-teman juga mempunyai ide yang hebat. Aku tunggu ya idenya dari teman – teman yang lain. Selamat berimajinasi .Wassalamualaikum.

Share
2 Comments