PULANG DENGAN KEMENANGAN (Selamat Datang Tim PKM Pahlawan STIE-MCE)

Kabar yang luar biasa saya terima pada malam hari ketika rasa kantuk memuncak.  Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) STIE –MCE berhasil meraih 2 penghargaan yaitu emas dan perak.

Emas diraih oleh kelompok Alin,dkk dibawah bimbingan Ibu Siwi Syah Ratna Sari.  Perak diraih oleh kelompok Andi Tripenus, dkk dibawah bimbingan pak Uke Prajoga.  Penghargaan bagi tim Kornelius, dkk  atas perjuangan dilaga PIMNAS (pekan ilmiah mahasiswa nasional).  Prestasi ini diraih bukan tanpa usaha yang keras.  Suatu kemustahilan bagi kita meraih prestasi tanpa kerja keras hanya dengan mengharap keajaiban semata.

PKM mulai dikenal di STIE-MCE dimotori oleh almarhumah Dr. Aida Ainul Mardiyah,  ibu kita tercinta yang sarat dengan prestasi dan penghargaan tingkat nasional bahkan internasional, asset berharga milik STIE-MCE.  Sayangnya Allah, SWT berkehendak lain, pada usia yang sangat muda dan berada pada puncak prestasi beliau di panggil.  Kita kehilangan sosok luar biasa, sosok seorang ilmuwan sejati, pendidk dan peneliti.

Semangat beliau menggugah saya untuk meneruskan perjuangannya di PKM.  Tiga tahun berturut-turut kami tim PKM STIE-MCE bahu membahu membudayakan ajang bergensi ini dilingkungan STIE-MCE. Suatu perjuangan yang tak kenal lelah dengan motivasi yang tinggi.  Sebagai manusia kadang semangat mengalami pasang surut, berbagai rintangan kami hadapi.  Mulai dari tahap awal yaitu sosialisasi program hingga akhir kegiatan harus tim jalani dalam kurun waktu satu tahun untuk satu kali periode program.  Namun tim kami cukup solid, saling memberikan motivasi, saling menyemangati.

Usaha ini tidak sia-sia, setelah almarhumah berpulang, tiga tahun berturut-turut mahasiswa PKM STIE-MCE berhasil menembus ke PIMNAS, ajang bergengsi yang menjadi impian mahasiswa Indonesia.  Pada tahun 2009 satu tim lolos ke PIMNAS yang dimotori oleh ibu Siwi, disusul pada tahun 2010 satu tim lolos lagi yang dimotori oleh Pak Uke, dan pada tahun 2011 ini 3 tim lolos dengan dimotori oleh ibu Siwi, Pak Uke, dan Bu Dwinita.

Dua tim PKM menorehkan sejarah baru bagi STIE-MCE dengan meraih medali emas dan perak pada PIMNAS 2011 di Universitas Hasanuddin Makasar.  Prestasi luar biasa yang diraih dengan perjuangan keras.  Keterlibatan mahasiswa, dosen pembimbing, dan institusi (kampus) merupakan satu kesatuan yang utuh, tidak ada kata aku yang paling berjasa, aku yang paling pintar, apalagi aku yang paling hebat.  Hanya Allah SWT yang boleh sombong.  Sepandainya seorang mahasiswa, tanpa dukungan teman satu tim bahkan teman diluar tim, dan dosen pembimbing apalah artinya ia.  Sehebat-hebatnya seorang dosen, lulusan S2 atau S3 sekalipun, tak ada artinya tanpa dukungan mahasiswa yang solid dan rekan dosen yang lain.  Allah SWT telah memberi teladan di depan mata kita yaitu tubuh kita sendiri, segagah apapun kita bila salah satu bagian tubuh tidak berfungsi apalah jadinya kita???

Semoga keberhasilan tim PKM STIE-MCE ini memacu semangat kita bahwa bersama kita bisa, dan memberikan hikmah bagi kita semua, kita adalah satu tim, satu keluarga besar STIE-MCE, tidak ada yang paling hebat, paling pintar, paling berjasa dengan menepuk dada berbangga diri, tapi “kita adalah mahluk yang paling lemah, hina, dan tak punya apa-apa tanpa bantuan siapapun, apalagi tanpa bantuan ALLAH SWT”.

Author: lindananty

Dosen STIE-MCE

3 thoughts on “PULANG DENGAN KEMENANGAN (Selamat Datang Tim PKM Pahlawan STIE-MCE)”

  1. team work is the key.. dalam team work memang harus menanggalkan ke-aku-an.. harus melebur bersama dan bekerja bersama.. semoga PKM mendatang juga menorehkan prestasi dan dapat membanggakan kampus. amien..

Comments are closed.