Main menu:

Site search

Categories

October 2011
M T W T F S S
« Jan    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Tags

Blogroll

Belajar Sambil Wisata..Ikutan Yuuk….

Pagi itu, Rabu 12 Oktober 2011, aku berusaha untuk berangkat ke kampus lebih pagi dari pada biasanya. Biasanya aku berangkat dari rumah pukul 06.30WIB bersamaan dengan berangkatnya sekolah anakku dan suamiku ke tempat kerja. Tetapi, karena banyaknya pekerjaan di dapur (meski malamnya sudah aku persiapkan) aku baru bisa berangkat pukul 05.00 WIB (yang menurutku sudah siang).
Yaaps…pagi itu Comdec (unit kegiatan yang ada di LPPM STIE Malangkucewara Malang) yang aku pimpin,  sedang melakukan kegiatan OST (Observasi Studi Tour) ke Pasuruan dengan tujuan ke perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur yang berada di Beji Pasuruan dan wisata Bhakti Alam yang berada di Nongkojajar juga di Pasuruan. Aku ingin kegiatanku ini sukses dan tidak ada kendala (sedikit-sedikit ga pa palah), makanya aku harus sampai di kampus sebelum pukul 08.00 WIB (teorinya kita akan berangkat pukul 08.00 WIB) untuk memeriksa semua perlengkapan yang harus dibawa.Ternyata….aku sampai di kampus tidak seperti yang kuperkirakan. Aku sampai kampus pukul 08.15 WIB dan mahasiswa serta dosen yang akan ikut sudah banyak yang datang dan berkumpul di halaman kampus. Oh ya, kegiatan OST ini  diikuti oleh 46 orang mahasisiwa dan 12 orang dosen.
Setelah perlengkan ok semua, kita semua siap-sip berangkat yang sebelunya  kita berfoto-foto terlebih dahulu di depan gerbang kampus kita tercinta. Kulihat semua wajah-wajah memancarkan kegembiraan,mungkin mereka sudah membayangkan senangnya bisa berekreasi besama sambil belajar. Perjalanan dari kampus ke tempat perusahaan PT. Indofood tidak terlalu lama hanya sekitar 1 jam 15 menit. Berdasarkan konfirmasi yang kita dapat dari perushaan, kita akan diterima oleh perushaan jam 10.30 WIB.

Tujuan Observasi Studi Tour
Belajar sambil wisata atau nama kerennya adalah OST (Obverasi Studi Tour) ini bertujuan, antara lain; (1) Menambah wawasan dan membuka cakrawala, (2) Memperoleh ilmu dengan cara berbeda (3) Menyelaraskan antara ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan yang ada di lapangan (4) Pikiran menjadi lebih segar.
Menambah wawasan?apa benar? Ya…aku sendiri merasakan bahwa kegiatan OST ini menambah wawasanku mungkin yang lain juga merasakan hal yang sama. Contohnya; PT. Indofood, salah satu objek yang kita kunjungi ternyata tidak hanya memproduksi mi saja. Selain mi, segudang produk dihasilkan, antara lain; tepung terigu, camilan yang beraneka ragam, makanan bayi, juga produk diluar kata food yang berarti makanan yakni minyak goreng dan sabun detergen. Selain mengenal produk-produk yang dihasilkan, kita juga diajak keliling untuk melihat proses produksi mi (meski dilihat dari atas dengan kaca yang tertutup). Dari sini kita dapat mengetahui bahwa mi ini dapat kita makan secara langsung (dengan catatan tangan kita juga bersih) tanpa kita masak terlebih dahulu. Mengapa? Karena mi ini sudah dimasak dan digoreng dengan suhu yang tinggi sebelum dikemas.
Selain kita diajak melihat profil perusshaan dan incip-incip mi (lumayan pas lapaaarrr), juga diadakan tanya jawab. Nah, dari beberapa pertanyaan yang diajukan mahasiswa juga dosen (gak mau ketinggalan juga nih..) ada pertanyaan yang menarik  dan mahasiswa harus tahu, adalah “Bagaimana kiat-kiat dan strategi agar bisa diterima masuk di perusahaan ini (PT Indofood)?” Bapak Sigit  salah seorang manajer PT indofood yang menemani tanya jawab mengatakan “Untuk dapat diterima di perusahaan tidak hanya IP tinggi tetapi juga apa yang bisa kamu tunjukkan dari kamu? karena IP yang tinggi  sekarang sudah biasa, apalagi mungkin mahasiswa itu waktu kuliah cuma datang, mengerjakan tugas tanpa melakukan kegiatan-kegiatan yang lain, misalnya ikut organisasi kampus.” Seorang mahasiswa yang bertanya tadi kemudian bertanya lagi “Berarti kutubuku itu tidak penting pak?” Pak Sigit kembali menjawab “Kutubuku juga penting, tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan untuk bersosialisasi, karena nanti dalam bekerja tidak hanya bekerja untuk diri sendiri, tetapi juga bekerjasama dengan orang lain” Nah dari tanya jawab inilah kita tahu, bahwa mahasiswa tidak hanya harus pintar dalam IQnya saja tetapi juga harus pintar dalam softskillnya juga. Jadi tepatlah kalau STIE Malangkucecwara Malang sudah menerapkan softskill untuk bekal bagi mahasiswa sebelum masuk dalam dunia kerja.

Comments

Comment from Tutik Ar.
Time October 19, 2011 at 1:28 pm

Good-Luck Comdec STIE Malangkucecwara.
Semoga event seperti ini, merupakan kegiatan rutin Comdec

Comment from rina
Time October 20, 2011 at 5:31 pm

OST 2011… good job.. we’re all happy and get much knowledge.. I hope this activity will be handled again next time, regularly..

Comment from lailatus
Time October 24, 2011 at 12:50 pm

Rina I
Oke kita kerja lg ya…ben tambah gede comdecnya….trs bisa ke luar negeri

Comment from lailatus
Time October 24, 2011 at 12:50 pm

Tutik
Makasih Bu

Write a comment