Mendongkrak Mood Saat Kuliah

Kemarin kampus ABM, STIE Malangkucecwara Malang  melaksanakan wisuda semester gasal 2011/2012 dengan sukses dan menyenangkan. Panitia sangat trampil mengatur dan menyajikan acara wisuda yang sakral tampil khidmat  dan sekaligus menghibur. Selamat jalan wisudawan, semoga ‘pendidikan kehidupan’ (ngutip dari sambutan wakil wisudawan) makin membuat  kalian menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, dan penuh tanggungjawab di manapun berpijak.

Nah, untuk yang masih mahasiswa, sudah lewat enam minggu kuliah semester genap 2011/2012 di kampus ABM nan indah ini , dan bentar lagi middle test, sudah siapkah untuk ujian ?. Bagi mahasiswa, kuliah dan ujian sudah menjadi rutinitas. Hal yang rutin kadang membuat orang menjadi bosan, betulkah?, tidak juga . . . . . !!!

Semua tergantung pada diri kita sendiri, yakini dulu bahwa pendidikan sangat kita butuhkan untuk modal dalam mengukir masa depan, selanjutnya kita perlu mengkondisikan setiap aktivitas yang akan kita lakukan menjadi hal yang menyenangkan. Selalu upayakan hari-hari kalian dalam mengikuti kuliah atau ujian dalam kondisi good mood.

Dengan mengutip dari majalah Akuntan Indonesia edisi 02 Maret 2012, “Mendongkrak MOOD Saat Kerja”, dimodifikasi untuk kalian yang masih mahasiswa , bagaimana mendongkrak mood saat kuliah?. Ada beberapa cara agar aktivitas kuliah atau ujian di kampus menjadi bersemangat dan sekaligus menyenangkan.

1. Buatlah daftar aktivitas hari ini

Dengan membuat catatan semacam daftar aktivitas hari ini di media tulis yang kalian miliki akan membantu untuk mengingatkan andai ada hal yang belum kalian tuntaskan sesuai target di hari tersebut. Buatlah catatan di daftar aktivitas dengan tambahan kata/kalimat penyemangat, misal: hari ini (1) kuliah Advanced Accounting, “kan  kulihat senyum si X”, (2) menyelesaikan tugas Sharia Accounting, “mengantarkanku menjadi Sharia Bankers yang handal”, dll.

2. Persiapkan perlengkapan kuliah di malam sebelumnya

Semua perlengkapan untuk kuliah siapkan pada malam sebelumnya, mulai dari textbook, buku catatan, alat tulis, tugas yang akan dikumpulkan, sampai dengan pakaian. Tidak dapat dipungkiri, dengan pakaian yang disukai dapat membuat orang makin confidence. Jadi usahakan menyiapkan pakaian yang tepat dan disukai untuk kuliah esok sejak malam sebelumnya. Pastikan bahwa pakaian tersebut sudah diseterika dan siap dipakai esok pagi. Karena waktu yang akan kalian habiskan untuk menyiapkan pakaian dan perlengkapan kuliah lainnya di pagi hari akan membuat jadi terburu-buru dan dapat mengganggu mood di hari itu.

3. Habiskan tugas pada hari Jum’at

Kadang ada Dosen yang memberikan tugas kelewat berat, sehingga muncul ada pepatah dari mahasiswa ,  “ . . . , tapi Dosen memberikan tugas melewati batas kemampuan mahasiswa”. Seberat apapun tugas dari dosen, tujuannya hanya satu, agar mahasiswa terlatih menghadapi tantangan dan memiliki daya juang yang tinggi. Agar tugas-tugas tersebut tidak mengganggu acara weekend kalian, usahakan untuk diselesaikan sebelum sabtu dan minggu.

4. Makan makanan pembangkit mood

Pada prinsipnya jika tubuh kita sehat maka akan mendukung kelancaran aktivitas kita. Selain itu perlu juga diketahui bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu untuk membangkitkan good mood kalian, antara lain: coklat, madu, tomat, asparagus, daging domba, yogurt, telur, kentang biru, dan kerang. Bagi kalian yang kost, buat praktis aja, pilih menu makanan yang didalamnya terdapat bahan dari salah satu makanan atau minuman pembangkit mood untuk sarapan, makan siang, atau makan malam kalian.

5. Pakailah wewangian

Wewangian dapat membantu untuk membangkitkan good mood dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Harum mewangi tentu lebih membuat suasana hati nyaman dibanding dengan bau asap. Oleh karena itu bagi kalian yang menggunakan motor untuk transportasi ke kampus, boleh bawa cologne yang ringan untuk disemprotkan ke pakaian sebelum masuk kelas, selain untuk memelihara mood diri sendiri juga sekaligus membuat teman sekelas juga terjaga good mood-nya. Aroma sitrus dan tanaman tropis dipercaya sebagai salah satu pembangikit semangat.

6. Sempatkan Olahraga

Mahasiswa biasanya punya hobby olahraga tertentu, maka lakukanlah secara rutin. Olahraga teratur membuat metobolisme bagus dan kesehatan tubuh menjadi terjaga. Apalagi jika jenis olahraga yang ditekuni adalah permainan, maka rasa senang bertemu dengan banyak teman membantu menciptakan suasana hati menjadi gembira.

Demikian beberapa tip yang dapat membantu kalian untuk selalu siap dan tampil percaya diri dalam setiap kali kuliah. Datangnya waktu ujianpun tidak menjadi masalah lagi, karena semua proses pembelajaran telah kalian lalui dengan lancar dan penuh semangat .

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran kepada kalian dalam menuntut ilmu. Amin

Istutik

STIE Malangkucecwara

Author: istutik

Istutik adalah Dosen STIE Malangkucecwara. Lahir di Surabaya, 27 Nopember 1963, menyelesaikan S1 di Fakultas Ekonomi – jurusan Akuntansi Universitas Airlangga tahun 1987. Sejak Pebruari 1989 menjadi Dosen Tetap STIE Malangkucecwara, dan resmi menjadi arema hingga sekarang. Pendidikan S2 di Magister Manajemen Universitas Indonesia, tahun 1992. Bersertifikat Pendidik No. 101282204848.

2 thoughts on “Mendongkrak Mood Saat Kuliah”

  1. artikel ibuk sangat memotivasi, tips2 nya kerenn , bakal saya terapin dee, sbnarnya pada tips 2,4,5,6 sudah biasa saya lakukan bu, kurang 1 n 3 ajah yang masih belum rutin ,,trimaksihhh ibuk,,
    # SEMANGAT !!# ,,^0^

  2. good bu….memang perlu diberikan masukan tentang hal ini setidaknya wawasan ini menambah pengetahuan mereka unt selalu semangad dan termotivasi dalam kuliah

Comments are closed.