PSAK 12 (Revisi 2009) : Bagian Partisipasi dalam Ventura Bersama

Keterbatasan sumber daya dan keinginan untuk menggunakannya secara optimal dapat membawa suatu entitas menjadi saling ketergantungan satu dengan yang lain. Kerjasama antar entitas dapat menjawabnya, yaitu dengan cara mereka membentuk ventura bersama (joint venture), dimana para venturer memiliki pengendalian bersama atas ventura bersama tersebut.

Pembentukan ventura bersama harus didasarkan pada perjanjian kontraktual, dimana dua entitas atau lebih menjalankan suatu aktivitas ekonomi dengan tunduk pada pengendalian bersama. Pengendalian bersama adalah persetujuan kontraktual untuk berbagi pengendalian atas suatu aktivitas ekonomi, dan ada hanya ketika keputusan keuangan dan operasional strategis terkait dengan aktivitas tersebut mensyaratkan persetujuan dari seluruh venturer.

Pada PSAK 12 (Revisi 2009), ruang lingkup pengendalian bersama pada ventura bersama meliputi : (1) pengendalian bersama operasi; (2) pengendalian bersama aset; (3) pengendalian bersama entitas.  Perjanjian kontraktual  memuat persyaratan pengendalian bersama dan juga untuk memastikan bahwa tidak ada venturer yang secara sepihak melakukan pengendalian aktivitas sendiri. Ventura bersama dapat menentukan salah satu venturer untuk menjadi manajer  atau operator, tugas dan kewenangannya sebatas menjalankan kebijakan keuangan dan operasinal yang telah disepakati bersama para venturer.

Ventura bersama dengan  pengendalian bersama operasi yaitu ketika dua atau lebih venturer menggabungkan kegiatan operasi, sumber daya, dan keahliannya untuk menciptakan pasar dan menyalurkan produk tertentu secara bersama. Bagian yang berbeda dari proses manufaktur dikerjakan oleh setiap venturer, setiap venturer menanggung biayanya dan memperoleh bagian pendapatan dari penjualan sesuai  dengan perjanjian kontraktual.

Sementara ventura bersama dengan pengendalian bersama aset adalah terjadi nya kepemilikan bersama oleh venturer atas satu atau lebih aset yang dikontribusikan kepada venture bersama. Aset tersebut digunakan untuk memberikan manfaat bagi venturer dengan cara setiap venturer mengambil suatu bagian output dari aset dan menanggung suatu bagian yang disetujui dari beban yang terjadi.

Pengendalian bersama entitas adalah ventura bersama yang melibatkan pendirian suatu perseroan terbatas, persekutuan atau entitas lainnya yang mana setiap venturer mempunyai bagian partisipasi. Entitas tersebut beroperasi seperti entititas lainnya, namun didukung dengan adanya perjanjian kontraktual antar venturer yang manjadi dasar dari pengendalian bersama atas aktivitas ekonomi entitas.

Untuk mengakui partisipasinya dalam pengendalian bersama entitas, venturer dapat menggunakan metode akuntansi konsolidasi proporsional atau metode ekuitas. Pada metode konsolidasi proporsional, venturer mengakui dan menyajikan setiap bagiannya atas aset, liabilitas, penghasilan dan beban dari pengendalian bersama entitas dengan cara menggabungkannya satu persatu unsur yang serupa dalam laporan keuangan venturer, atau melaporkannya sebagai unsur baris terpisah.

Sedangkan pada metode ekuitas, venturer mengakui bagian partisipasi dalam pengendalian bersama entitas yang pada awalnya dicatat sebesar harga perolehan dan selanjutnya disesuaikan untuk perubahan setelah perolehan atas aset neto dari pengendalian bersama entitas. Pengakuan laba atau rugi venturer  sebesar bagian venturer atas laba atau rugi dari pengendalian bersama entitas. Metode ekuitas tidak lagi digunakan jika venturer berhenti memiliki pengendalian bersama atas, atau berhenti memiliki pengaruh signifikan dalam pengendalian bersama entitas.

Istutik

STIE Malangkucecwara

Author: istutik

Istutik adalah Dosen STIE Malangkucecwara. Lahir di Surabaya, 27 Nopember 1963, menyelesaikan S1 di Fakultas Ekonomi – jurusan Akuntansi Universitas Airlangga tahun 1987. Sejak Pebruari 1989 menjadi Dosen Tetap STIE Malangkucecwara, dan resmi menjadi arema hingga sekarang. Pendidikan S2 di Magister Manajemen Universitas Indonesia, tahun 1992. Bersertifikat Pendidik No. 101282204848.

5 thoughts on “PSAK 12 (Revisi 2009) : Bagian Partisipasi dalam Ventura Bersama”

  1. It’s truly a nice and useful piece of information. I’m happy that you simply shared this helpful info with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

Comments are closed.