Jika Tubuh Kebal, Insya Allah menjadi Sehat

Menjadi sehat bukan berarti tubuh tidak pernah dikunjungi bakteri ataupun virus, namun karena tubuh  memiliki kekebalan sehingga mampu mencegahnya untuk tidak berkembang menjadi suatu penyakit yang serius. Senantiasa sehat adalah harapan semua orang, kita semua memahami bahwa kesehatan adalah sebagian kenikmatan yang kita peroleh dari Allah Maha Rahman dan Rahim yang patut disyukuri.

Berikut beberapa kiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang diambil dari ‘kompas.com’, sepertinya sesuatu yang mudah dijelaskan dan didiskusikan, namun tetap perlu upaya yang serius untuk secara istiqomah menerapkannya. Meskipun tidak semua, beberapa dari kiat-kiat dibawah ini tidak sulit untuk diusahakan.

  • Kurangi stres

Stres memang bisa menguntungkan. karena ini akan membuat tubuh menyiapkan diri menghadapi tantangan. Tetapi stres yang tetap bisa berpengaruh buruk. Penelitian menunjukkan hal itu akan mengurangi kekebalan tubuh. sistem tubuh untuk melawan penyakit.

  • Rutin melakukan hubungan seks

Penelitian menunjukkan kehidupan seks yang baik bisa menyehatkan. Salah satu studi melihat kaitan antara aktivitas seksual dan kesehatan pada orang berusia pertengahan dan lansia. Hasilnya menunjukkan orang yang rutin berhubungan intim memiliki status kesehatan lebih baik dibanding yang jarang bercinta.

  • Miliki hewan peliharaan

Hwan peliharaan bisa menjadi “sahabat manusia”.  hewan peliharaan akan memberikan pertemanan dan punya efek menyehatkan. Penelitian menunjukkan memiliki” si pus” atau ” si cloggy” bisa menurunkan tekanan darah. kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan. Penelitian lain menyebutkan hewan peliharaan bisa meningkatkan sistem imun dan mengurangi risiko alergi pada anak.

  • Punya teman baik

Teman memang penting. tetapi ikatan sosial yang baik berdampak besar bagi kesehatan. Sebuah studi menyatakan orang yang punya hubungan kuat 50 persen lebih kuat dibanding orang yang jarang bergaul.

  • Tertawalah

Meski masih perlu dibuktikan lagi tetapi ada beberapa studi yang menemukan kaitan antara tertawa dan meningkatnya sistem imun. Bila ternyata tak terbukti secara ilmiah. bukankah tak ada ruginya tertawa karena itu akan membuat hati lebih bahagia.

  • Konsumsi antioksidan

Antioksidan bisa kita dapatkan dari buah dan sayur-mayur. Kandungan di dalam bahan pangan ini membentu melindungi sel dari radikalbebas. molekul yang bisa merusak set Untuk mendapatkan berbagai jenis antioksidan. konsumsi variasi warna dari buah dan sayur.

  • Rajin bergerak

Berolahraga sudah terbukti akan meningkatkan sistem imun. Kegiatan fisik yang dilakukan secara teraturjuga bisa mengurangi stres. menurunkan risiko osteoporosis, penyakit jantung. dan berbagai tipe kanker. Lakukan olahraga dalam intensitas sedang beberapa kali dalam seminggu.

  • Cukup tidur malam

Tanpa tidur yang cukup. sistem imun tubuh akan kesulitan mendapatkan yang ia butuhkan untuk melawan penyakit. Orang dewasa rata-rata butuh 7-9 jam per jam tidur malam.

  • Hindari kalori kosong

Makanan yang diproses seperti makanan cepat saji. snack, permen atau soda tidak mengandung vitamin, serat. atau zat gizi lain. Bahkan makanan-makanan tersebut malah mengandung zat pengawet dan bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya.

  • Bersikap positif

Sebuah penelitian terhadap mahasiswa sekolah hukum menunjukkan ketika mereka merasa optimis. sistem imun mereka lebih kuat.

Semoga bermanfaat untuk pembelajaran diri sendiri dan yang membacanya . . .

Istutik

STIE Malangkucecwara

Author: istutik

Istutik adalah Dosen STIE Malangkucecwara. Lahir di Surabaya, 27 Nopember 1963, menyelesaikan S1 di Fakultas Ekonomi – jurusan Akuntansi Universitas Airlangga tahun 1987. Sejak Pebruari 1989 menjadi Dosen Tetap STIE Malangkucecwara, dan resmi menjadi arema hingga sekarang. Pendidikan S2 di Magister Manajemen Universitas Indonesia, tahun 1992. Bersertifikat Pendidik No. 101282204848.

3 thoughts on “Jika Tubuh Kebal, Insya Allah menjadi Sehat”

Comments are closed.