Mendongkrak Mood Saat Kuliah

Kemarin kampus ABM, STIE Malangkucecwara Malang  melaksanakan wisuda semester gasal 2011/2012 dengan sukses dan menyenangkan. Panitia sangat trampil mengatur dan menyajikan acara wisuda yang sakral tampil khidmat  dan sekaligus menghibur. Selamat jalan wisudawan, semoga ‘pendidikan kehidupan’ (ngutip dari sambutan wakil wisudawan) makin membuat  kalian menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, dan penuh tanggungjawab di manapun berpijak. Read more »

Bentuk Joint Venture dalam PSAK 12 (Revisi 2009)

Pada tulisan sebelumnya di http://blog.stie-mce.ac.id/istutik/2011/07/30/psak-12-revisi-2009-bagian-partisipasi-dalam-ventura-bersama/ , telah dijelaskan secara singkat tentang joint venture atau ventura bersama. Lebih lanjut ayo, kita kupas untuk masing-masing bentuk joint venture yang diatur dalam PSAK 12 (Revisi2009). Read more »

SDM dengan Value Syariah Makin Dibutuhkan

Pertumbuhan jaringan kantor perbankan syariah yang terus melesat, dari data Bank Indonesia (BI), diketahui bahwa tahun 2011 terjadi pertumbuhan bank umum syariah (BUS). BI mencatat kini terdapat 1.268 jaringan kantor BUS dengan komposisi 11 kantor pusat, 323 kantor pusat operasional, 716 kantor cabang pembantu dan 215 kantor kas. Read more »

PSAK 10 (Revisi 2009): Pengaruh Perubahan Nilai Tukar Valuta Asing

Bagi entitas yang melakukan transaksi dalam valuta asing, sering muncul pertanyaan tentang (1) bagaimana memasukkan transaksi dalam mata uang asing dan kegiatan usaha luar negeri ke dalam laporan keuangan, serta (2) bagaimana menjabarkan laporan keuangan ke dalam suatu mata uang pelaporan. Terutama di era persaingan global akan makin dibutuhkan standar akuntansi yang dapat mengatur hal ini. Read more »

Nostalgia – Solidarity Forever

Karena ta’ tahan dengan keinginan untuk memamerkan foto reunian bersama teman-teman kuliah tanggal 4-5 Pebruari 2012 yang lalu di Rumah Palagan Jogjakarta, akhirnya setelah sepuluh hari berlalu kuputuskan juga untuk ditayangkan di Istutik’s Blog. Bismillah . . . dengan niat menyambung silaturahim reuni kuikuti (tentu setelah dapat izin dari suami), dan sekarang kusimpan kenangan tersebut disini. Read more »

Kampus ABM Menuju Pusat Pelayanan dan Pendidikan Akuntansi

Sangat menarik apa yang disampaikan oleh Djoko Susanto (anggota Majelis Kehormatan IAI), agar IAI menjadi pusat pelayanan dan pendidikan akuntan, menjadi tugas organisasi profesi untuk membuat akuntan paham dengan standar akuntansi, memiliki kompetensi tinggi, dan professional serta maju dalam menunaikan tugas keprofesian. Begitu juga Kampus ABM, STIE Malangkucecwara Malang dalam memasuki usia 41tahun juga dapat dikatakan sebagai kampus pusat pelayanan dan pendidikan akuntansi. Mengapa demikian . . . ? Read more »

Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Accrual Basis

Accrual Basis sudah menjadi dasar dalam penyusunan laporan keuangan bagi semua entitas yang menggunakan SAK Umum, SAK ETAP, ataupun SAK Syariah. Mereka tidak menunjukkan adanya masalah atau kendala dalam menerapkannya. Namun tidak begitu bagi entitas pemerintah, benarkah ? Read more »

Ada Apa dengan Laporan Laba Rugi Komprehensif

Dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan suatu entitas, harus relevan dengan standar akuntansi yang digunakan. Bagi entitas yang menggunakan PSAK Umum hasil konvergensi ke IFRS maka rujukannya adalah PSAK 1 (revisi 2009), sedangkan bagi entitas yang menggunakan PSAK ETAP dapat langsung ke bab 3 nya. Sementara untuk entitas yang melakukan transaksi syariah dan menyusun laporan keuangan syariah tentu harus menggunakan PSAK Syariah, dan untuk penyajiannya laporan keuangan syariah mengacu pada PSAK 101. Berbeda lagi dengan entitas pemerintah, penyajian laporan keuangannya menggunakan standar akuntansi pemerintah PP No 71 Tahun 2010 yaitu PSAP 01. Read more »

Kunci Sederhana Menggapai Karir

Ketika saya membaca majalah ‘Akuntan Indonesia’ edisi 4 November 2011, ada yang menarik selain artikel terkait dengan profesi akuntan, yaitu artikel yang bertajuk KARIR, judulnya ‘Tabiat-Tabiat Sederhana: Penghancur Karir Anda’. Read more »

Bagaimana dengan ‘Peristiwa Setelah Periode Pelaporan’ ?

Sebelumnya kita mungkin lebih familier istilah ‘Peristiwa Setelah Periode Pelaporan’ tersebut dengan  kata ‘Peristiwa Setelah Tanggal Neraca’. Apakah perubahan istilah ‘tanggal neraca’ diganti dengan  ‘periode pelaporan’  itu ada maksudnya ?.  Mari kita buka PSAK 8 Revisi 2010 hasil konvergensi ke IFRS yang akan diterapkan mulai 1 Januari 2012. Read more »