MENGAPA MEMPERHATIKAN LIKUIDITAS PENTING ?

Setiap usaha pasti harus memperhatikan likuiditas usahanya, mengapa ? Karena dengan mempertahankan  likuiditasnya perusahaan akan tetap mendapat kepercayaan  oleh fihak internal maupun fihak eksternal.
Fihak internal, misalnya  gaji karyawan yang biasanya dibayarkan selalu tepat tanggal 1, kemudian karena likuiditasnya kurang diperhatikan maka gaji karyawan baru diberikan tgl 4 kalau hal ini seringkali terjadi, maka akan mempengaruhi semangat kerja dan produktifitas karyawan.
Sedangkan dampak pada fihak eksternal misalnya Bank atau supplier, apabila terjadi berulangkali  dengan tidak tepat waktu pembayarannya maka akan mempengaruhi kepercayaan dari fihak Bank untuk memberikan pinjaman lagi atau pemasok enggan bekerjasama lagi dengan perusahaan.
Dengan demikian untuk perusahaan yang bergerak pada bidang uasaha dagang atau industri memperhatikan likuiditas adalah sangat penting, karena kalau likuiditas terlalu tinggi akan berakibat profitabilitas yang dicapai akan rendah karena terlalu banyak uang tunai yang menganggur berarti dianggap kurang produktif, sebaliknya kalau likuiditas terlalu rendah akibatnya akan mempengaruhi kepercayaan baik dari fihak internal maupun dari fihak eksternal sehingga kalau perusahaan membutuhkan tambahan modal akan sulit mendapatkan pinjaman dari bank.
Tetapi kalau usaha tersebut bergerak pada bidang perbankan, memang likuiditas yang tinggi harus dipertahankan karena kalau nasabah mengambil uangnya sewaktu-waktu fihak bank harus dapat membayarnya. Kalau fihak bank sampai tidak dapat membayar, maka kepercayaan nasabah akan hilang akibatnya akan mengancam kelangsungan usahanya.

2 thoughts on “MENGAPA MEMPERHATIKAN LIKUIDITAS PENTING ?”

Comments are closed.