MENANGKAP PELUANG USAHA

MENANGKAP PELUANG USAHA
Oleh :
SRI INDRAWATI
STIE MALANGKUCECWARA MALANG

Kadang kita berfikir enaknya punya usaha apa ya ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebetulnya kita bisa mempunyai usaha dengan melihat peluang :
1. Ditempat tersebut banyak terdapat bahan yang dapat diolah menjadi suatu barang lainĀ  yang mempunyai nilai tambah.
Misalnya : disuatu daerah tertentu banyak menghasilkan pisang dan ketela pohon. Masyarakat didaerah tersebut biasanya langsung menjual barang tersebut tanpa diolah lagi menjadi barang lain dengan harga yang murah. Kita melihat hal tersebut dapat mempunyai ide bagaimana kalau pisang tersebut diolah menjadi kripik pisang, pisang sale atau getuk pisang. Dengan adanya nilai tambah dari barang tersebut akan dapat meningkatkan harga dan pendapatan dari masyarakat tersebut.
2. Mempunyai hobby tertentu.
Hobby seseorang dapat dijadikan suatu usaha, selain dapat menyalurkan hobbynya juga dapat dijadikan suatu usaha yang menghasilkan pendapatan.
Misalnya yang mempunyai hobby menyanyi membuka kursus vocal atau tempat karaoke, mempunyai hobby memasak dapat membuka depot atau rumah makan.
3. Melihat peluang kebutuhkan masyarakat.
Karena saat ini sulit mencari pembantu rumah tangga dan sekarang kebanyakan ibu-ibu banyak yang bekerja sehingga kesulitan dalam mengurus putranya, maka hal tersebut dapat menjadi peluang untuk membuka usaha penitipan anak.
4. Barang tersebut saat ini lagi ngetrend.
Misalnya saat ini lagi demam main playstation, maka kita bisa membuka usaha persewaan playstation atau menjual CD dari playstation. Kalau saat ini sedang musim main game on line lewat internet, maka dapat membuka usaha warnet.

2 thoughts on “MENANGKAP PELUANG USAHA”

  1. waduh bu tulisannya sangat oke banget dan semoga ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi mahasiswa yang akan menjadi wirausahawan sejati

  2. point 4. (usaha Warnet) merupakan suatu peluang usaha yg paling berpotensi saat ini, karena pengguna jasa tersebut tidak memandang usia mulai anak-2 sampai dewasa pun menggunakan/membutuhkan layanan internet.

    Selain itu ada juga usaha yg berpotensi cukup besar, namun juga memiliki tingkat resiko yg lebih besar pula yaitu : Jasa Penukaran Giro (cek)
    Saya menemui usaha ini didaerah tinggal saya, yg mayoritas pekerjaan orang disekitar adalah usaha tas. dimana setiap ada pemesanan dari toko, pihak toko hanya bisa memberi max 50% dari nominal perjanjian order barang. dan tidak 100% diberi uang cash (1/2 nya pake giro). baru setelah menerima pembayaran mereka membeli bahan yg diperlukan untuk membuat tas.
    NB: Dan sudah ada yg membuka jasa penukaran giro tersebut di daerah saya, ya lumayan lama sudah 10 tahun lebih.

    ma’af apabila ada kekurangan atau kurang jelasnya dari komentar saya (ini sekedar bagi info saja)

Comments are closed.