Jika uang di seluruh dunia dibagi rata…

Ada penelitian yang membuka mata banyak orang, menurut Marshal Silver, pengarang buku Passion, Profit & Power, ternyaata 1% orang di dunia ini menguasai 50% uang yang beredar di dunia. Ternyata juga, 5% orang bisa menguasai 90% uang yang beredar.

Di salah satu artikel di internet (alamat web : http://www.mybudget360.com) juga menjelaskan bahwa 1% orang mengontrol 42% uang yang ada.

Dari data ini, tergelitik di pikiran kita, bagaimana kita bisa menjadi yang minoritas itu ya?

Proporsi ini (5% orang kuasai 90%) hampir terjadi sepanjang masa. Dan, bahkan,menurut prediksi Marshal Silver,  jika uang yang ada di seluruh dunia dibagi rata, dalam waktu lebih kurang lima tahun, komposisi akan kembali seperti semula (1% orang kuasai 50% dan 5% orang kuasai 90%). Kok bisa ya? Jawabannya ternyata ada pada MINDSET orang yang terima uang. Akan diapakan uang yang diterimanya?

Sebelum lebih jauh…, yuk kita prediksi, kalau uang di seluruh dunia dibagi rata dimana hampir setiap orang akan dapat jatah uang yang sama persis…, berapakah yang akan diterima masing-masing orang di seluruh dunia?

24 thoughts on “Jika uang di seluruh dunia dibagi rata…”

  1. ide yang bagus klo uang dibagi kesemua orang dimana akan membuat semua manusia akan makmur dan tentram tidak ada gap lg..

  2. Kalo menurut saya, 1% orang kuasai 50% itu maksudnya mungkin adalah orang yang terkaya di dunia…..Sedangkan yang 5% orang kuasai 90% itu maksudnya mungkin adalah orang yang menginvestasikan uangnya untuk usaha.

  3. according to http://web-uang.blogspot.com/2010/09/pemerataan-uang.html, i absolutely agree with that article and yours, mom. because we as human cannot run from consumptive nature, how many money will be received to us, it’s gonna be exhausted completely..

    when we receive 24 billion for each person in the world, we cannot say that is much or little.. so how about our income?? we say that we are a rich or humble or poor person, right.. but in the fact when that billion happen as true.. and i am sure that mostly we are a poor person..

    so doesn’t matter how much the income that we are produced.. because money can’t make us being called as rich man.. and it’s just a same thing.. it absolutely depends on our mindset.. 1 million or billion or trillion.. it’s equal, right?? depend on how as human spend it in wish way.. 🙂

  4. wa keren bu, kalau seandainya saya juga termasuk dari 5% itu tapi sepertinya tidak mungkin saya toh juga bukan pejabat ayng dapat gaji berlebih dan bisa memutar uang tersebut jika pejabat itu pun tidak juga korupsi dan mengambil uang negara. hehehehhe,,, namun apakah tidak sebaiknya uang yang beredar itu tidak berlebih di dunuia ini agar para pemegang uang yang beredar tersebut tidak sampai memegang 90% nya . terutama juga di indonesia agar tidak ada kesenjangan yang terlihat dari si kaya dan si miskin ini .

  5. kalo uang di bagi rata di dunia ini maka hasilnya banyak manusia yang malas..karena hidup tanpa perubahan sehingga perubahan itulah yang mendorong manusia lain ingin memiliki sesuatunya yang lebih..sehingga orang2 tersebut menggebu2 untuk memiliki lebih dan akhirnya dengan upaya yg keras mereka memiliki lebih sehingga orang mampu menguasai uang yang beredar. 🙂

  6. Menurut saya, kalau semisal uang didunia dibagi rata, pastinya tidak akan ada kehidupan, mengapa saya mengatakan hal seperti itu?? karena pastilah taraf hidup seseorang akan sejajar, sedangkan siklus dalam kehidupan bermasyarakat perlu keragaman agar terciptannya suatu siklus usaha dan respon kerja untuk berusaha menghidupi, kalau semua orang didunia ini kaya sama rata, siapa donk yang akan menanam padi disawah?? siapa donk yang akan jualan lalapan ayam kesukaan saya?? hahahahaha *joke 🙂

  7. menurut saya,prediksi itu bisa jadi benar…karena apa? apabila setiap orang yang ada di dunia dapat jatah uang yang sama persis,setiap orang akan menggunakan uangnya dengan berbeda-beda,suatu contoh..misal, kelompok A diberi uang 1 miliar rupiah dan kelompok B diberi uang 1 miliar rupiah juga. gaya hidup (mindset) kelompok A yang senang berfoya-foya, lain halnya dengan kelompok B yang senang memanfaatkan uangnya untuk menjalankan usaha ataupun berinvestasi..Lambat laun pun uang yang sebenarnya dimiliki sama rata oleh kedua kelompok, bisa jadi akan dimiliki atau dikuasai sepenuhnya oleh kelompok B..

    intinya,seberapa besar uang yang dimiliki kita setiap orang, akan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup ataupun pemikiran digunakan untuk apa uang yang kita miliki.

    terima kasih..

  8. menurut saya,prediksi itu bisa jadi benar…karena apa? apabila setiap orang yang ada di dunia dapat jatah uang yang sama persis,setiap orang akan menggunakan uangnya dengan berbeda-beda,suatu contoh..misal, kelompok A diberi uang 1 miliar rupiah dan kelompok B diberi uang 1 miliar rupiah juga. gaya hidup (mindset) kelompok A yang senang berfoya-foya, lain halnya dengan kelompok B yang senang memanfaatkan uangnya untuk menjalankan usaha ataupun berinvestasi..Lambat laun pun uang yang sebenarnya dimiliki sama rata oleh kedua kelompok, bisa jadi akan dimiliki atau dikuasai sepenuhnya oleh kelompok B..

    intinya,seberapa besar uang yang dimiliki kita setiap orang, akan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup ataupun pemikiran digunakan untuk apa uang yang kita miliki.

    terima kasih..

  9. waah..!!
    tidak bisa di bayangkan bu kalau uang akan di bagi rata. di pikiran saya terlintas, kemungkinan besar orang-orang di dunia akan menjadi pemalas dan tidak adanya kompetisi dalam dunia bisnis. tidak ada kaya dan miskin. dan tidak menutup kemungkinan keadaan perekonomian yang monoton.
    untuk hal, apabila kaum minoritas yang menguasai sekitar 90% uang. kemungkinan besar para minoritas akan menguasai perekonomian dunia dan kaum mayoritas akan berlomba juga untuk mendapatkan sisa dari kaum minoritas sebesar 10%. hal ini bisa juga menyebabkan terjadinya kemiskinan.
    tetapi, hal ini akan semakin menarik bagi generasi muda yang tertarik dengan adanya penelitian ini. mereka akan berlomba menjadi kaum minoritas yang menguasai mayoritas uang di dunia. dengan syarat, mereka mampu berkompetisi atau berlomba untuk mengelola uang yang mereka peroleh dari dunia bisnis. tidak muda memang untuk memenangkannya, tetapi tidak ada salahnya jika di coba dan di tekuni. because impossible is nothing.

  10. ide yang bagus klo uang dibagi kesemua orang dimana akan membuat semua orang akan makmur dan tentram tidak ada gap lg diantara manusia
    mungkin setiap orang akan mendapat kurang lebih 10 jutaan

  11. kalau tidak salah, saya pernah dapat pertanyaan ini waktu SMA, Bu…
    Dan, kalau saya ingat-ingat lagi, kalau tidak lupa jawabannya… >>> 24 miliar rupiah atau USD 2,400,000.00 adalah jumlah yang akan diterima masing-masing orang di dunia.

  12. bagaimana menjadi yang minoritas tersebut?yaitu dengan cara bekerja keras dan bersegera bertindak.banyak contoh orang yang bekerja keras menjadi sukses.contohnya saja bakrie group…dan banyak contoh lainnya,dimana mereka berawal dari orang biasa saja,tapi telah menjadi orang sukses dan menjadi panutan orang banyak…orang2 itu tidak hanya menunggu peluang,tetapi mereka mencari peluang.sehingga imbalan mereka yaitu kesuksesan, kehormatan dan juga mendapatkan banyak uang.dan mereka menjadi bagian orang2 yang minoritas tersebut itu.
    memang benar hal yang dikatakan diatas,”Proporsi ini (5% orang kuasai 90%) hampir terjadi sepanjang masa. Dan, bahkan,menurut prediksi Marshal Silver, jika uang yang ada di seluruh dunia dibagi rata, dalam waktu lebih kurang lima tahun, komposisi akan kembali seperti semula (1% orang kuasai 50% dan 5% orang kuasai 90%). Kok bisa ya? Jawabannya ternyata ada pada MINDSET orang yang terima uang. Akan diapakan uang yang diterimanya?” karena meskipun uang itu dibagi rata,tetapi jika tetap menggunakan midset yang lama maka uang itu akan digunakan seperti cara hidupnya yang lama. yang suka bekerja keras dan bisa mencari peluang akan menggunkan uang itu sebagai modal awal untuk mencapai sukses. dan bagi yang hanya menunggu peluang, maka uang itu akan digunakan untuk kerluan sehari2nya saja. yang tidak akan membuahkan hasil atau melipat gandakan uang itu yang seharusnya bisa dihasilkan lebih banyak dari yang dia dapat. padahal uang yang dibagikan sama jumlahnya satu sama lain.seperti halnya waktu…semua orang sama mendapatkan 24 jam sehari dari Tuhan.tapi mengapa ada yang sukses dan ada juga yang terpuruk….hal itu karena mindset setiap orang tersebut.
    untuk berapakah yang akan diterima masing2 orang diseluruh dunia itu sangat sulit bagi saya untuk memprediksinya…..karena saya. karena jumlah orang didunia ini sangat banyak dan jumlah uang yang beredar saya tidak tahu berapa……

  13. Jika dilihat dalam artikel tersebut, terlihat bahwa uang yang akan diterima masing-masing orang di seluruh dunia dalam waktu lebih kurang lima tahun, komposisi akan kembali seperti semula ( 1% orang menguasai 50% dan 5% orang kuasai 90%) hal ini dikarenakan pola pikir setiap individu berbeda-beda. ada yang menggunakan uang untuk usaha supaya lebih berkembang dan maju, memulai usaha untuk memajukan kehidupan, atau berinvestasi sehingga uang mereka terus bertambah, bisa menguasai keuangan kembali dan menjadi pemegang mayoritas. sedangkan mungkin ada orang yang memanfaatkan uang tersebut untuk bersenang-senang, kredit barang, menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu atau untuk membayar hutang sehingga uang mereka akan habis dan menjadi pemegang minoritas.karena pada saat ini saya masih belum melihat motivasi atau hanya 2% orang melakukan perubahan menjadi seorang pengusaha dan mereka dapat memanfaatkan uangnya dengan sebaik mungkin. hal ini terbukti dari pernyataan :JIKA dibandingkan dengan beberapa negara maju di dunia, jumlah entrepreneur atau wirausahawan di indonesia masih rendah Terbukti, dan 231,83 juta jwa penduduk indonesia, baru 4,6 juta saja yang berwirausaha. “Jumlah itu masih cukup rendah atau jika diprosentasekan baru 2 persen dan total jumlah penduduk; ujar Menten Koperasi dan UKM Dr Syanef Hasan di Surabaya Sabtu (13/2)(http://bataviase.co.id/node/97088) dan sisanya kurang dapat memanfaatkan uang tersebut dengan baik hanya menggantukan hidup pada orang lain atau pengangguran. Benar seperti artikel di atas bahwa semua tergantung mindset orang yang menerima uang tersebut, mereka mengalokasikan uang tersebut untuk hal yang berguna untuk kehidupannya di masa datang atau untuk keinginan sesaat tanpa memikirkan kehidupannya dalam jangka waktu kedepan. maka tidaklah mengherankan jika prediksi mengatakan dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun kemudian akan kembali seperti semula (1% orang kuasai 50% dan 5% orang kuasai 90%), jika pola pikir setiap individu tidak dirubah sesuai dengan tuntutan hidup dan kemajuan jaman. Prediksi ini dapat dirubah/tidak terjadi jika setiap individu mau untuk merubah mindset mereka. dalam Article Marketing and Reseller mengatakan bahwa Orang yang punya mindset sukses selalu mau belajar dari orang lain yang sudah terbukti berhasil. Dari orang sukses tersebut, anda bisa tiru ACTION apa saja yang sudah dilakukannya hingga membuatnya sukses seperti sekarang (http://www.bisnetreseller.com/ciri-mindset-orang-sukses-perhatikan-baik-baik/). selain itu kita juga harus mengikuti pola pikir orang sukses yaitu bahwa Sukses adalah Suatu Kebiasaan, Orang Sukses Berorentasi pada Solusi, Kegagalan adalah Bagian dari Sukses, Sukses Tidak Selalu Ditentukan oleh Nasib, Orang Sukses Memiliki Visi dan Fokus, Orang Sukses Berani Mengambil Resiko , Orang Sukses tidak Pernah Menyalahkan Orang Lain, Orang Sukses Selalu Belajar dan Belajar Membangun Relasi (http://mindsetbisnisonline.com/pola-pikir-orang-sukses/). jika banyak orang atau bahkan semua orang melakukan hal-hal tersebut dan merubah mindset mereka seperti orang sukses maka akan tercipta banyak orang sukses di dunia ini dan terkhusus orang indonesia, sehingga mematahkan prediksi tersebut.

  14. menurut saya proporsinya akan tetap sama 1% orang kuasai 50% dan 5% orang kuasai 90% karena pemikiran setiap orang yang menerima uang akan berbeda. ada orang yang saat menerima uang akan berpikir untuk melakukan sebuah bisnis tapi ada juga orang yang saat menerima uang akan menghabiskan untuk kesenangan (konsumtif). disaat para konsumtif membelanjakan uangnya maka para pengusaha akan mendapatkan untung lima kali lebih besar. apalagi seorang pengusaha mengadakan kerjasama dengan pengusaha lain dengan usaha yang berbeda maka akan menguasai lebih banyak uang yang beredar sehingga akan terjadi proporsi 5% orang kuasai 90%

  15. Nama : Winda Susanti
    NPK : A.2008.1.30976

    Proporsi uang yang dimiliki setiap orang memang berbeda-beda, tergantung dari usaha masing-masing individu yang dilakukan, serta atas kegiatan atau usaha apa, dan bagaimana cara uang itu dapat diperoleh. Orang yang ulet dalam bekerja maupun menjalankan usahanya pasti akan menuai hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang malas. Begitu juga dengan jumlah uang yang dimilikinya. Akan tetapi dalam memanfaatkan uang tersebut kita juga harus berhati-hati, apabila tidak uang yang kita miliki akan habis tanpa ada alasan yang jelas, dan karena hal itu kita tidak akan mampu menjadi bagian dari 1% atau 5% orang yang mampu menguasai hingga 90% uang yang beredar di dunia, dan impian menjadi bagian dari yang mayoritas juga tidak akan terwujud.

  16. Nama : Hadianto Prayogo
    NPK : K.2008.1.31008

    Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, begitu juga dengan uang yang kita miliki, yang kita peroleh dari bekerja maupun menjalankan suatu usaha. Kita kumpulkan, walaupun kita kumpulkan dari sedikit,lama kelamaan uang yang kita kumpulkan akan bertambah menjadi lebih banyak. Apabila pemikiran seperti ini dimiliki oleh semua orang didunia, saya yakin semua orang tersebut mampu menjadi bagian dari 5% orang yang bisa menguasai 90% uang yang beredar bahkan mampu menjadi bagian dari 1% orang yang bisa menguasai 50% uang yang beredar didunia. Ditambah dengan karakter individu tiap orang yang kuat, yaitu ulet, gigih, serta mau berusaha. Pasti kita bisa menjadi bagian dari yang mayoritas bukan yang minoritas lagi.

  17. Nama : Andreas Soekianto
    NPK : K.2008.1.30990

    Karakter yang menjiwai setiap individu berbeda – beda. Kerja atau Usaha yang dilakukan dan di jalankan setiap individu untuk dapat mengumpulkan keping demi keping uang juga berbeda. Cara orang menyikapi uang yang mereka miliki dari hasil kerja atau usaha mereka pun berbeda – beda. Ada orang yang pandai dan bijaksana dalam menggunakan uang yang mereka miliki ada juga yang tidak. Apabila semua orang rajin dalam bekerja atau menjalankan usahanya serta pandai dalam menggunakan uang yang mereka miliki pasti semua orang di dunia mampu menjadi bagian dari 1% orang yang mampu menguasai 50% uang yang beredar di dunia maupun menjadi bagian dari 5% orang yang mampu menguasai 90% uang yang beredar di dunia,maka semua orang di dunia akan menjadi bagian yang mayoritas bukan minoritas.

  18. sebelumnya maaf bu,,sya masih kurang mengerti dengan artikel ini…
    tapi menurut sya, tidak mungkin uang di dunia bisa dibagi rata,,
    karena bila ingin dibagi rata tentu saja akan terjadi kesuliatan dalam menentukan perentase yang adil, hal ini terjadi dipengaruhi oleh faktor – faktor dalam kehidupan manusia, misalanya: kebutuhan setiap manusia itu berbeda – berbeda, lingkungan, dan kondisi kehidupan manusia sendiri. maka dengan berbagai faktor tersebut sulit untuk menentukan pembagian uang yang merata di dunia ini.

  19. Menurut saya dan melihat penelitian dari Marshal Silver, kemudian dapat saya simpulkan bahwa 1% orang = 50% uang yang beredar di dunia.
    Ternyata hanya 5% yang menguasai 90% uang. Sangat sedih bila kita menjadi bagian dari 95% orang yang berebut menguasai 10% uang yang beredar.

    Sehingga asumsi tsb memperkirakan pemerolehan uang jika dibagi rata di seluruh dunia adalah sekitar USD 2.400.000 atau sekitar Rp 24 miliar (asumsi 1 USD = 10.000 )

    how mrs imama? =D

    Roby Octavio
    k.2008.1.30935

  20. Menurut blog yang saya baca di internet, Marshal Silver mengatakan bahwa 5% manusia menguasai 90% uang yang beredar di seluruh dunia. Sungguh menyedihkan karena 95% manusia hanya memperebutkan 10% uang yang beredar. Artinya jika uang di seluruh dunia dibagi rata maka tiap orang masing-masing akan mendapatkan $ 2,4 juta atau jika dirupiahkan maka akan menjadi Rp 24.000.000.000,- (wow banyak banget!)

    Sungguh menyedihkan, jika kita memiliki uang di bawah nilai Rp 24.000.000.000,- berarti kita berada di bawah garis kemiskinan. Mengapa? Karena jika uang kita di bawah Rp 24.000.000.000,- berarti uang kita berada di bawah rata-rata. Anehnya lagi 5 tahun setelah menerima uang tersebut maka komposisi uang akan kembali seperti semula, yaitu 5% manusia akan kembali menguasai yang 90% uang yang beredar lagi. Hal ini karena kekayaan sebenarnya bukan masalah banyaknya harta atau uang. Akan tetapi kekayaan adalah sifat. Jika anda menerima uang Rp 24 milyar kebanyakan orang akan berpikir akan membeli apa, mau jalan-jalan ke mana dan sebagainya, itu adalah sifat konsumtif manusia. Jarang orang yang memikirkan apa yang harus saya lakukan supaya uang itu justru bertambah banyak, seperti menabung atau investasi di bisnis tertentu.

    Karena itu sangat wajar jika seseorang menerima uang Rp 24 milyar maka 5 tahun kemudian dia menjadi kembali miskin. Jadi kaya atau miskin sebenarnya bukanlah banyaknya harta yang kita miliki, tetapi sebenarnya adalah sifat.

    Dari hal di atas saya bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berhasil, sukses atau menjadi orang kaya, namun sifat konsumtif mereka inilah yang mengalahkan semua itu dan membuat mereka memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa mengumpulkan banyak uang – sukses.

  21. MENURUT marshal jika uang tersebut dibagi rata setiap orang akan mendapatkan 2.400.000.000 rupiah per orang. namun dalam jangka 5 tahun kedepan keadaan akan kembali ke kondisi di mana 5% orang akan menguasai 90% uang yang beredar dan 95% orang akan menguasai sisanya yaitu 10%. keadaan itu terjadi karena sifat konsumtif manusia selain itu juga karena persepsi masing-masing orang.
    manusia itu ada yang kaya dan juga miskin, maka mereka memiliki daya konsumtif dan cara berpikir mereka dalam menggunakan uang juga berbeda.
    jika dalam waktu bersamaan mereka di beri uang dalam jumlah yang sama Rp 2.400.000.000, si kaya akan berpikir bagaimana menggunakan uang ini untuk membuka usaha baru dan mengembangkan uang ini menjadi lebih banyak, namun si miskin akan berpikir untuk apa uang ini? lebih tepatya digunakan untuk beli apa uang ini. itulah saya kira alasan dari apa yang dikemukakan oleh Marshall. jika orang diberi uang yang sama maka tergantung orang tersebut bagaimana cara mengolahnya

    kiki sukariyono
    A.2008.1.31046
    KELAS HARI SELASA JAM 10:00

  22. apabila uang yang ada diseluruh dunia ini dibagi rata semua, menurut blog yang saya baca mengatakan bahwa setiap orang akan mendapatkan uang sejumlah $ 2,4 juta atau jika dirupiahkan maka akan menjadi Rp 24.000.000.000,-.
    akan tetapi kebanyakan orang akan mengkonsumsi uang tersebut tanpa memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan uang yang lebih banyak lagi. sehingga kemungkinan pada kurang lebih 5 tahun yang akan datang, maka komposisi uang yang ada akan kembali seperti semula yaitu 1% orang akan menguasai 50% uang yang akan di dunia dan 5% orang akan 90% uang yang ada di dunia ini. hal tersebut dikarenakan sifat dasar manusia yang konsumtif.

  23. jika uang yang ada diseluruh dunia dibagi rata, menurut blog yang saya baca mengatakan bahwa setiap orang akan mendapatkan uang sejumlah $ 2,4 juta atau jika dirupiahkan maka akan menjadi Rp 24.000.000.000,-. Tetapi semestinya uang yang mereka dapatkan bisa lebih besar, namun kebanyakan orang akan meras sudah puas dengan jumlah uang sebesar itu yang mereka dapatkan tanpa berpikir bagaiman caranya mendapatkan uang yang lebih banyak lagi

    theofilus c.y.
    (30931)

Comments are closed.