It’s Your Job to Keep Your Window Clean!

Attitude is Internally Controllable !

Encouragement, support atau apapun namanya…, saya bisa kasih. Orang lainpun bisa kasih back up & support kita. Tapi pada akhirnya,tak ada seorangpun yang dapat melakukannya untuk kita kecuali kita sendiri. Seperti di artikel sebelumnya : “The door can only be open from the inside”.

Kita selalu punya pilihan. Kita bisa aja membiarkan kotoran, sampah atau apapun nempel pada jendela attitude kita & kita tetap bisa melihat keluar jendela kan? Tetapi, konsekuensinya yang kita lihat ke luar jendela hanya sebagian saja atau yang bisa kita lihat keluar tidak seluas yang bisa kita lihat jika jendela itu bersih & jernih. Dalam kehidupan, apa yang sesungguhnya bisa kita capai jadi tidak mudah dicapai karena kotornya jendela attitude kita.

Ketika kita memilih untuk me-remove semua kotoran dan membersihkan jendela kita, hidup akan lebih terang, bersinar; lebih menyehatkan & membahagiakan. Bahkan kita bisa punya new goals.. and begin to achieve the goals; punya semangat dan spirit baru. Bukankah itu yang kita rasakan kalau kita berada pada suatu tempat yang indah, bersih, tenang. Cobalah sekali waktu masuk ke hotel berbintang***** (bintang 5)… Melihat suasana nyaman, bersih, rapi, mewah seakan-akan membawa kerapian, kebersihan, kenyamanan dalam jiwa kita. Atau ke tempat-tempat lain yang memberikan ‘kenyamanan, kedamaian’ pada hati kita.

Masih ragu kalau kita sebetulnya punya POWER untuk merubah attitude kita? Mungkin ada yang berpikir, “That’s easy for you to say”. Ngomong gampang, coba situ punya masalah seberat aku.. Hutang banyak, keluarga berantakan, usaha gagal terus, gaji kecil, anak-anak gak nurut de el el yang isinya masalah tok. Apapun masalahnya, seringan apapun masalahnya, seberat apapun problemnya, fakta ini tetapu berlaku : ‘the choice is yours’. Bebas mau milih attitude seperti apa untuk hadapi semua masalah kita.

Ada seorang yang sangat qualified untuk bicara masalah attitude. Namanya Dr. Viktor Frankl – yang pernah merasakan neraka dunia; berhasil me-manage : tidak hanya untuk survive… tapi juga menginspirasi jutaan orang.  Kita tau, Viktor Frankl bertahun-tahun hidup dalam kesengsaraan di penjara Nazi. Ayah, ibu, saudara dan istrinya terbunuh di Nazi camp. Setiap hari Viktor dan penghuni penjara lainnya merasakan kelaparan, kedinginan dan kebrutalan yang tidak masuk akal. Dapatkah seseorang mengontrol attitudenya dalam situasi seperti ini? Dr. Frankl menceritakannya dalam buku karangannya,: “Man Search for Meaning”; buku yang merupakan salah satu buku paling berpengaruh di dunia; kabarnya terjual lebih dari 12 juta copi. Now, jika Dr.Frankl bisa memilih attitudenya pada saat menghadapi ‘unspeakable suffering’ (penderitaan yang sudah gak bisa dicertakan parahnya); siapa yang mengklaim bahwa kita tidak bisa meng-kontrol attitude kita?

Simple illustration – hampir semua kita bisa membersihkan jendela. (jendela beneran). Bagaimana caranya kok kita bisa mbersihkan jendela? Atau, metode apa yang dipakai membersihkan jendela? Atau, dari mana kita belajar membersihkan jendela?

Jawabannya : Banyak cara untuk melakukannya… termasuk banyak cara untuk lakukan clean off our window… and attitude cleansing… persis seperti caranya gimana kita sampai bisa membersihkan jendela? (jendela beneran). Kan ada yang pakai lap kering, lap kotor; ada yang pakai Koran; ada yang pakai glass cleaner berbagai merek, bahkan ada yang panggil oranng untuk mbersihkan kaca jendela…dan masih banyak cara lain….  Untuk attitude – hmmm… Hampir sama untuk attitude cleasning…

Next article (insyaAllah)….

Imama

2 thoughts on “It’s Your Job to Keep Your Window Clean!”

  1. Pencerahan yang mengkilapkan. Betul dan setuju Bu: ‘the choice is yours’. Kita memang bebas memilih attitude seperti apa untuk hadapi semua masalah kita. Yang perlu disadari bahwa memilih perlu keberanian, sebab banyak orang tidak berani untuk memilih karena ada konsekuensi untuk melakukan sesuatu. Ya..memang ada sesuatu yang harus kita bayar untuk memeroleh sesuatu.
    Mari kita teruskan diskusi yang seperti ini….tetap semangat…dan bahagia….

  2. Dan sepertinya penting juga untuk berusaha selalu menyiapkan POWER dengan posisi full . . . supaya mendapatkan cara yang efektif untuk attitude cleasning…

Comments are closed.