Manual LNote2014 -> Upload, Export/Import Data

Upload Data

 

Tombol Upload

 

Progres upload

Data yang telah diinput bisa diupload dengan syarat komputer memiliki koneksi internet. Upload bisa dilakukan melalui jaringan kampus atau dari luar kampus. Upload bisa memakan waktu tergantung dari kecepatan koneksi internet yang dimiliki komputer.

Saat jendela progress upload menutup pastikan status upload yang bisa dilihat disudut kiri bawah aplikasi.

Status upload nilai

Upload data akan terlebih dahulu dikunci kemudian dilakukan validasi untuk kemudian ditransfer ke data nilai yang bisa dilihat oleh mahasiswa melalui web student. Upload dari data kelas yang sama bisa dilakukan berkali-kali dengan syarat pihak pengajaran belum mengunci data nilai yang telah diupload sebelumnya, hal ini dimaksudkan agar dosen memiliki kesempatan merevisi data nilai yang telah diupload.

Beberapa hal yang mungkin mengakibatkan dosen gagal mengupload nilai:

  1. Komputer belum terkoneksi ke internet
  2. Terdapat aplikasi firewall / anti-virus yang menghambat LNote melakukan koneksi ke internet
  3. Pihak pengajaran telah mengunci data nilai yang telah diupload sebelumnya dari kelas yang sama
  4. Aplikasi LNote yang digunakan belum diperbaharui dengan versi yang terbaru

Bila hal-hal tersebut telah dipastikan bukan penyebab gagal upload, dosen dipersilakan menghubungi bagian IT di ext. 127.

Export/Import Data

Data yang telah disimpan bisa diexport ke bentuk lain, tergantung tujuan yang hendak dicapai.

Dropdown menu export

Data bisa diexport ke excel, LDB (file data LNote versi baru), atau ke TXT (file data LNote versi lama). Yang perlu diperhatikan adalah LDB dan TXT. Bila dosen butuh memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain bisa menggunakan export ke LDB dengan syarat kedua komputer menggunakan LNote versi baru. Format TXT hanya digunakan bila dosen hendak memindahkan data dari LNote baru ke LNote yang lama, tetapi hal ini merupakan fallback scenario bila ditemukan masalah pada LNote yang baru dan diputuskan menggunakan LNote lama.

Import Data bisa digunakan untuk mengambil data dari aplikasi LNote yang berada di komputer lain untuk digunakan di komputer yang dituju.

Menu Import Data

Menu import LNote Lama (TXT) bisa digunakan untuk mengambil data yang telah terlanjur dimasukkan pada aplikasi LNote lama. Perlu diingat bahwa data yang diimport hanya bisa dibuka dengan login sesuai info dosen pengajar dari data kelas yang diimport. Untuk menggunakan fasilitas import komputer membutuhkan koneksi internet untuk memvalidasi data kelas yang diimport.

Beberapa hal yang mungkin membuat import data tidak berhasil antara lain:

  1. Komputer tidak terkoneksi dengan internet
  2. Terdapat aplikasi firewall/anti-virus yang menghambat aplikasi LNote melakukan koneksi ke internet
  3. File yang hendak diimport rusak/tidak bisa dibaca/format datanya tidak sesuai
  4. Aplikasi LNote belum diupgrade ke versi terbaru

Bila telah dipastikan hal-hal diatas sudah dipastikan bukan penyebab gagal import data, dosen bisa menghubungi bagian UTI di ext. 127.

 

Yang berkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *