Manual LNote2014 – Pengisian Data

Manual Pengisian Data

Tampilan Form Pengisian

Pada dasarnya tampilan antarmuka LNote2014 tidak jauh berbeda dengan LNote yang lama. Antarmuka dibagi menjadi beberapa bagian:

  1. Info Kelas
    Info Kelas

    Informasi dosen , kode MK, kelas ditampilkan disini. Pastikan data tersebut sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh pengajaran.

  2. Porsi Penilaian
    Porsi Penilaian

    ATTD: kehadiran (attendance)
    PART: partisipasi
    ASSG: tugas (assignment)
    EXAM: ujian

  3. Daftar nilai mahasiswa
    Daftar nilai mahasiswa

    Daftar nilai mahasiswa

    Dibagi menjadi nilai untuk middle, nilai untuk final dan summary. Middle dan Final masing-masing berisi kehadiran dan ujian, partisipasi dan tugas.

 

Kehadiran dan Ujian

Setiap Middle dan Final memiliki bagian-bagian pengisian kehadiran dan ujian, partisipasi, dan tugas. Masing-masing akan memunculkan data NPK dan NAMA yang bisa di urutkan dengan cara klik kiri judul kolom NPK dan NAMA (kolom yang lain juga bisa diurutkan dengan menggunakan cara yang sama).

Dengan melakukan klik kiri pada judul kolom akan dilakukan pengurutan berdasar kolom tersebut
Pastikan data jumlah pertemuan

Sebelum melakukan pengisian jumlah kehadiran pastikan data jumlah pertemuan telah sesuai. Jumlah pertemuan hanya bisa diisi dengan nilai antara 0 – 7.

Pengisian absen

Begitu juga dengan pengisian absensi per mahasiswa hanya bisa diisi dengan nilai bulat antara 0 – 7. Cukup dengan menggunakan tombol panah pada keyboard untuk berpindah baris dan mengetikkan angka tanpa harus menggunakan mouse. Bila terjadi salah pengetikan (text atau diisi angka selain 0-7) akan membuat aplikasi menolak berpindah baris sebelum dosen membatalkan pengetikan tersebut (dengan menekan tombol ESC) atau mengisikan angka antara 0 – 7. Validasi angka/nilai juga automatis dilakukan pada kolom-kolom yang lain untuk mencegah dosen mengetikkan data nilai yang tidak bisa diterima oleh aplikasi.

 

Pengisian data ujian

Kolom nilai ujian (dan juga kolom partisipasi dan tugas) hanya bisa menerima angka desimal dengan tanda titik (.) sebagai penanda desimal antara 0.00 – 100.00. Perpindahan antar baris juga bisa dilakukan dengan menggunakan tombol panah. Bila dosen pernah membuat data nilai di excel maka nilai dari excel jg bisa di kopi pastekan ke aplikasi LNote dengan cara memilih dan mengkopi 1 kolom excel dan pastekan kekolom LNote yang bersangkutan (pastikan urutan NPK sesuai antara data excel dan data LNote).

Kolom status perkuliahan mahasiswa

Didalam Kehadiran Dan Ujian terdapat kolom baru yang berbeda dengan aplikasi LNote yang lama, yaitu kolom “Status”. Nilai standar dari kolom ini yaitu “OK” dimana tidak terdapat permasalahan serius berkait mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. “IJIN” bermakna mahasiswa tersebut tidak mengikuti 1/2 semester perkuliahan tetapi mendapat ijin dari kaprodi/dosen pengajar. “PRESENSI” bermakna mahasiswa tersebut gagal melengkapi batas minimal kehadiran dalam 1/2 semester sesuai yang telah ditetapkan oleh dosen pengajar. “MTT” bermakna mahasiswa tersebut Melanggar Tata Tertib, yang mana ini merupakan hal kritis dan mengakibatkan mahasiswa tersebut mendapatkan nilai 0 (nol) untuk mata kuliah tersebut pada keseluruhan semester. Status ini wajib diisi sebelum dilakukan upload data keserver.

Partisipasi dan Tugas

Pengisian partisapasi dan tugas memiliki kemiripan.

Pastikan data jumlah partisipasi
Bila jumlah partisipasi 4 maka hanya 4 kolom pertama yang perlu diisi

Diawali dengan memastikan jumlah partisipasi (atau jumlah tugas) setengah semester sesuai dengan yang telah diberikan pada mahasiswa. Nilai yang bisa diterima antara 0-7. Kolom partisipasi (atau tugas) yang diisi setara dengan jumlah partisipasi(tugas) dihitung dari kiri. Dalam hal ini kolom-kolom tersebut tidak mewakili partisipasi(tugas) pada pertemuan ke sekian, tetapi mewakili partisipasi(tugas) kesekian. Bila dosen tidak sengaja mengisi kolom partisipasi(tugas) melebihi jumlah partisipasi(tugas) yang telah ditentukan, aplikasi tidak akan melakukan validasi dan nilai di kolom tersebut tidak akan masuk perhitungan.

Save dan Print

Aplikasi telah didisain untuk secara automatis melakukan penyimpanan data saat dosen menutup aplikasi/sub jendela aplikasi. Tetapi untuk lebih meyakinkan dosen disarankan menggunakan tombol save yang tersedia untuk menyimpan data secara berkala saat mengisi data nilai, hal ini untuk mencegah terjadinya kehilangan data terutama saat komputer kehilangan daya listrik secara tiba-tiba.

Status penyimpanan data akan muncul disudut kiri bawah aplikasi

Data nilai yang telah dimasukkan bisa dicetak berdasar paruh semester atau full semester. Tampilan cetakan juga bisa disimpan sebagai file pdf.

Tombol cetak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *