Tugas dalam proses perkembangan Remaja

Pada setiap tahapan perkembangan manusia terdapat tugas-tugas tertentu yang berasal dari harapan masyarakat yang harus dipenuhi oleh individu, dan ini sering disebut tugas-tugas perkembangan. Keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan tugas perkembangan pada periode usia tertentu akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya seseorang dalam menjalankan tugas perkembangan pada periode usia selanjutnya. Pada usia remaja terdapat pula tugas-tugas perkembangan tertentu yang harus dipenuhi oleh individu. Remaja diharapakan dapat memenuhinya sehingga individu tersebut siap memasuki masa dewasa dengan peran-peran serta tugas-tugas barunya sebagai orang dewasa. Tugas-tugas remaja tersebut menurut Pikunas (1976) antara lain:
a. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan figur-figur otoritas.
b. Mengembangkan keterampilan dalam komunikasi interpersonal, belajar membina relasi dengan teman sebaya dan orang dewasa, baik secara individu maupun dalam kelompok.
c. Memperkuat kontrol diri berdasarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang ada.
d. Meninggalkan bentuk-bentuk rekasi dan penyesuaian yang kekanak-kanakan.
Tampak bahwa secara umum tugas perkembangan masa remaja berkaitan dengan diri sendiri dan juga dengan lingkungan sosial yang dihadapinya. Semua perubahan yang terjadi menuntut individu untuk melakukan penyesuaian dalam dirinya, menerima perubahan-perubahan itu sebagai bagian dari dirinya, menerima perubahan-perubahan itu sebagai bagian dari dirinya, dan membentuk suatu sense of self yang baru tentang siapa dirinya, untuk mempersiapkan diri menghadapi masa dewasa. Dengan bertambahnya usia, lingkungan sosial juga yang dihadapi pun makin luas. Lingkungan menuntut individu untuk bertingkah laku dengan cara tertentu sesuai dengan norma yang ada pada lingkungan tersebut, dan ini berarti individu juga harus menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan. Jika individu mampu memenuhi tuntutan-tuntutan dari lingkungan yang dihadapinya, maka individu tersebut akan lebih siap memasuki masa dewasa dengan peran-peran dan tanggung jawab yang baru.