Ada yang lebih dari anda….

Suatu waktu kita berada dalam kondisi sangat terpuruk, semuanya terasa buruk, dunia bagaikan akan ambruk. Pada waktu yang lain kita berada pada kondisi yang sangat berbahagia, hati terasa berbunga-bunga, dan terasa dunia bagaikan milik kita. Dalam kondisi terpuruk dan ambruk, ibaratnya bagi kita tidak ada orang lain yang mengalami malapetaka paling berat seperti kita, sebaliknya pada waktu kita mengalami situasi yang menyenangkan, ibaratnya tidak ada orang lain yang menerima kesenangan seperti yang kita alami, bahkan dengan pongah menepuk dada sampai-sampai lupa bisa lengah bahwa di sebelahnya kemungkinan ada jurang yang bisa menjerumuskannya.
Preambul di atas sengaja penulis sampaikan untuk mengingatkan diri kita masing-masing, manusiawi sebenarnya orang senang akan berbahagia, dan orang mengalami kegagalan akan bersedih. Namun tidak dengan maksud sok tahu, bahwa ada baiknya kita membuat ‘alarm’ untuk diri kita masing-masing jangan terlalu bersedih menerima ketidak berhasilan atau menerima sesuatu yang tidak kita inginkan, dan jangan terlalu bergembira pada waktu berhasil mencapai cita-cita atau mendapatkan sesuatu yang menggembirakan. Sejalan dengan itu, jika kita kaya jangan merasa paling kaya, demikian pula jika kita ada kekurangan jangan merasa paling berada dalam kekurangan tersebut.
Alarm yang penulis maksudkan adalah bahwa ‘ada yang lebih dari kita’, maksudnya jika kita menadapatkan kesedihan karena ketidak berhasilan, sebenarnyalah ada yang lebih tidak berhasil dari kita, jika kita mengalami kesenangan ada yang dialami oleh orang lain yang lebih menyenangkan, demikian pula jika kita merasa memiliki postur tubuh yang sempurna maka sebenarnyalah masih ada yang lebih sempurna dari kita, dan seterusnya dan seterusnya, prinsipnya ada yang lebih dari anda.

5 thoughts on “Ada yang lebih dari anda….”

  1. saya salut pak atas tulisannya paling tidak sebagai bahan informsi bagi saya, cuman spy gak garing ada baiknya pakai gambar ya pak ben tambah rame

    1. terima kasih telah menyempatkan untuk memberikan masukan, ketulusan Bu Yuyuk sangat menginspirasi saya untuk selalu mencoba. Insya’Allah jika diperkenankan saya kepingin ‘ngangsu kawruh’ agar kedepannya ada nilai tambah yang lebih…

  2. Setuju Pak, ada yang lebih dari kita, tapi juga ada yang kurang loh….Terus nulis Pak, saya tunggu yang lainnya…yang lebih Pak….

    1. Pak Son…, sekali lagi terima kasih, atas masukan tersebut insya’Allah saya akan sowan untuk ‘ngangsu kawruh’ sehingga kedepannya yang kurang tersebut justru jadi kekuatan, amin..

Comments are closed.