Strategi kuliah cepat lulus 3,5 tahun

Setiap mahasiswa ketika awal memasuki dunia kampus selalu bercita-cita dan berharap bahwa mereka akan menyelesaikan proses perkuliahan dengan waktu “secepat mungkin” dan dengan hasil yang memuaskan. Jika harapan demikian tidak terbesit dihati maka hal tersebut sangat disayangkan apalagi pemilihan universitas beserta jurusan/program studi sering menggunakan pepatah “Berbaris ikut panjang, bertepuk ikut ramai”. Mudah-mudahan Anda tidak demikian adanya dan semua merupakan panggilan hati nurani Anda sendiri.

Kembali ke paragraf awal tentang kuliah “secepat mungkin”. Peraturan pemerintah mengatur bahwa  kuliah S1 memiliki beban SKS minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS dengan masa tempuh normal selama 4 tahun (8 semester). Jumlah SKS tersebut menyesuaikan kebutuhan Prodi yang bersangkutan. Berdasarkan Analisis SWOT dan analisis-analisis yang lain, STIE-MCE menetapkan total SKS sebanyak 144 SKS untuk angkatan 2008 keatas (dulu 154 SKS) dengan beban per semesternya maksimal 21 SKS (dulu 24 SKS). Hal ini dimaksudkan agar aktivitas belajar dapat lebih ditingkatkan dengan mengacu pada graduate attribute STIE-MCE.  Sehingga tujuan untuk menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi yang memiliki soft skill maupun hard skill yang baik dapat tercapai.

Perlu diperhatikan bahwa SKS itu bukan ”sistem kebut semalam”. Dengan 144 SKS tersebut mahasiswa dituntut untuk semakin pandai mengatur waktu. Misalnya jika mahasiswa mengambil sebuah mata kuliah dengan SKS 3 artinya mahasiswa harus mengikuti tatap muka sebanyak 50 menit per minggu, 50 menit tugas terstruktur dan 50 menit kegiatan akademik mandiri per minggu. Sehingga harus menyediakan waktu 7,5 jam per minggunya untuk satu matakuliah (3 sks). Jadi kalo menempuh 21 SKS (7 mata kuliah) perjuangan yang LUARR BIASA!!!.
Perlu juga diketahui maksud kegiatan tatap muka adalah kegiatan akademik yang terjadwal, di mana tenaga pengajar dan mahasiswa bertemu secara langsung dalam satu ruang perkuliahan. Kegiatan terstruktur yaitu kegiatan akademik yang terjadwal,  tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar dan dilaksanakan oleh mahasiswa. Misalnya membuat makalah, resume buku-buku wajib, jurnal penelitian, dan lain-lain. Kegiatan mandiri, yaitu kegiatan akademik yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri. Misalnya mengunjungi perpustakaan/warnet, menelaah buku-buku wajib dan buku anjuran, dsb.

Akhir-akhir ini, Perubahan jumlah SKS tersebut menimbulkan serangkaian pertanyaan. Ada yang bernalar kalau beban SKS-nya diturunkan dari 24 SKS menjadi 21 SKS per semesternya Nggak mungkin Donk lulus 3.5 tahun seperti yang dijanjikan? Mari kita hitung,  semester 1 dan 2 ambil wajib 20 SKS (paket), semester 3 sampai dengan 7 ambil masing-masing 21 SKS per semesternya. Coba total SKS-yang telah ditempuh berapa? Totalnya 145 SKS. Nah Di STIE-MCE totalnya berapa? 144 SKS. Malah kelebihan satu. Jadi kuliah di STIE-MCE lulus 3,5 tahun bisa Nggak? Jawabannya sangat bisa asalkan behavior kuliahnya bener-bener dan motivasi belajarnya oke. Lha kalo kuliahnya kayak peribahasa biar lambat asal selamat Ya kagak bisa. Harusnya pake peribahasa biar cepat asal selamat. Adalah hal yang wajar ketika kita ingin hasil maksimal maka usaha harus optimal. Bercita-cita akan sesuatu pasti ada pengorbanannya. Belajar Giat!
Kesimpulannya adalah lulus cepat 3,5 tahun itu bisa dan sangat mungkin di STIE Malangkucecwara, asalkan anda tidak punya masalah dengan kuliah anda. Artinya IPK anda harus konsisten tiap semesternya minimal 3 supaya dapat menempuh SKS maksimal (21 SKS bagi angkatan 2008 dan 24 sks bagi angkatan 2007 kebawah) dan juga semua mata kuliah prasyarat lulus. Wah kedengarannya berat ya? Ya emang berat. Pernah ditanyakan ke mahasiswa yang telah sukses lulus 3,5 tahun dengan IPK 3,8.  Apa sih kiat suksesya? Rajin belajar katanya. Trus apa lagi kiatnya? disiplin atur waktu supaya semua tugas dosen terselesaikan dengan baik, trus apa lagi? Jaga stamina dengan atur pola makan serta cukup istirahat dan olah raga. Wah ternyata ada strateginya ya?

Jadi bagi kalian yang gandrung belajar dan disiplin mengatur waktu, it’s Okay dan lulus 3,5 tahun pun siap diraih. Tapi bagi yang males dan benci belajar dan kacau waktu semoga Tuhan yang Maha Pemurah mengampuni.
GOD BLESS U….Sukses MCE Sukses Kita Semua!

6 thoughts on “Strategi kuliah cepat lulus 3,5 tahun”

  1. Aaamien,semoga bisa menyelesaikan skripsi cepat selama 1 semester . . . terima kasih pak ,atas semngat yang telah diberikan .

Comments are closed.