Scanning Business Environment and Tools

Lingkungan bisnis meliputi faktor faktor baik dari dalam maupun dari luar perusahaan yang dapat menjadi kekuatan, kelemahan,peluang maupun tantangan bagi perusahaan.  Analisis lingkungan mutlak dilakukan oleh perusahaan ketika merencanakan strategi bisnis.  Analisis dan diagnosis lingkungan juga bisa membantu eksekutif untukmengembangan sistem peringatan dini guna menghindari dampak negatif ancaman atau berbagai tantangan bisnis. Dengan upaya ini diharapkan perusahaan mengambil manfaat dari ancaman untuk diubah menjadi potensi peluang yang bisa dikembangkan.
Banyak perusahaan yang tidak bisa sustainable akibat perusahaan tidak lagi menyesuaikan dinamika lingkungan bisnisnya dengan strategi yang selama ini dijalankannya.  Untuk itu manajer perlu menyimak lingkungan untuk menentukan apa saja faktor lingkungan bisnis yang berpotensi menjadi kendala terhadap pelaksanaan strategi dan pencapaian tujuan perusahaan.
Beberapa kerangka kerja yang bisa digunakan manajer melakukan diagnosis terhadap lingkungan bisnis antara lain: SWOT Analysis Matrix, BCG Matrix, IFE Matrix (Internal Factor Evaluation), EFE Matrix (External Factor Evaluation), Internal-External (IE) Matrix, SPACE Matrix Strategic Management Method dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

Download artikel lengkap disini. Scanning Business Environment & Tools

atau kunjungi www.kafebisnis2010.wordpress.com untuk artikel sejenis

Leader sebagai Stimulator Inovasi

Kata “perubahan” bagi sebagian orang merupakan sebuah kata yang menimbulkan kekhawatiran dan perasaan takut. Bagi mereka yang lain, kata itu adalah sebuah pertanda tantangan dan waktu-waktu yang menggairahkan. Sementara bagi sebagian lagi kata itu merupakan sebuah peringatan untuk memulai sebuah perjuangan demi kelangsungan hidup.

Continue reading “Leader sebagai Stimulator Inovasi”

Marketing in turbulence

Lingkungan bisnis yang semakin unpredictable seperti saat ini menuntut pelaku bisnis agar mempunyai intutif yang baik dalam mengenali perubahan yang terjadi. Pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan mempunyai posisi yang strategis dalam mendukung keberhasilan perusahaan. Buku Chaotics yang ditulis oleh kotler ini memaparkan bagaimana menyikapi lingkungan bisnis yang selalu berubah tersebut dikaitkan engan cara berpikir pemasaran yang tidak hanya mengandalkan cara cara konvensional, melainkan dengan cara cara yang terkadang tidak konvesional.

Continue reading “Marketing in turbulence”

The Inspiring Teacher

THE GOOD TEACHER IS TEACHING
THE BETTER TEACHER IS EXPLAINING
THE BEST TEACHER IS DEMONSTRATING
THE EXCELLENT TEACHER IS INSPIRING……..

Empat kalimat tersebut pernah saya tampilkan sebagai status difacebook dan cukup mendapat comment dari teman, murid bahkan guru saya. Ter-INSPIRASI dari beragam comment tersebut, sayapun mulai meng-INSPIRASI diri saya untuk menulis artikel singkat ini dengan tajuk “The Inspiring Teacher”. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Wikipedia mendifinisikan Guru (dari bahasa Sanskerta: yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Continue reading “The Inspiring Teacher”

Sense of Organization

Peter F.Drucker, Dalam Bukunya yang berjudul An Introductory View of Management, mengatakan, organisasi jika anggotanya mengalami organizitis “penyakit organisasi” dengan gejala seperti kelesuan atau penurunan sikap positif terhadap organisasi yang diakibatkan berkurangnya kesediaan serta kesetiaan untuk mengusahakan upaya yang tinggi bagi kepentingan organisasi merupakan masalah yang harus segera diatasi. Nah ! apakah pembaca pernah mengalami atau mengetahui gejala seperti kata Drucker?.

Continue reading “Sense of Organization”

Strategi kuliah cepat lulus 3,5 tahun

Setiap mahasiswa ketika awal memasuki dunia kampus selalu bercita-cita dan berharap bahwa mereka akan menyelesaikan proses perkuliahan dengan waktu “secepat mungkin” dan dengan hasil yang memuaskan. Jika harapan demikian tidak terbesit dihati maka hal tersebut sangat disayangkan apalagi pemilihan universitas beserta jurusan/program studi sering menggunakan pepatah “Berbaris ikut panjang, bertepuk ikut ramai”. Mudah-mudahan Anda tidak demikian adanya dan semua merupakan panggilan hati nurani Anda sendiri.

Continue reading “Strategi kuliah cepat lulus 3,5 tahun”

KEBIRI

Saya awali tulisan ini dengan kisah dunia pewayangan,

Adalah Karno bukan golongan bangsawan. Setiap hari dia belajar memanah secara otodidak. Keinginannya adalah dibimbing oleh Begawan Durno, the best lecture cabang panahan. Saking ngefan-nya dengan Begawan Durno sampai-sampai dipasang patung Begawan kawakan itu dihalaman rumahnya tempat biasa dia berlatih memanah. Alih-alih sebagai sumber inspirasi pikirnya.

Continue reading “KEBIRI”