BELAJAR untuk BELAJAR

Pada saat masih duduk di bangku sekolah, siswa belajar di sekolah dari jam 6.30 sampai jam 14.00 dengan  jadwal rutin, beberapa mata pelajaran ditempuh beberapa kali pertemuan dalam seminggu.  Sehingga dengan rutinitas seperti itu, memungkinkan siswa lebih disiplin dan mudah dalam mengelola waktu belajarnya di rumah.   Tapi ketika dia awal-awal duduk di bangku kuliah, (khususnya mahasiswa semester 1 & 2) yang mengalami  perubahan lingkungan (misalnya teman-teman, suasana belajar), system dan metode pembelajaran,  dimana  jadwal kuliah, cara dan  metode pembelajaran sangat berbeda dengan waktu di sekolah sebelumnya;serta banyaknya materi yang harus dipelajari, (karena mahasiswa dituntut untuk mandiri mencari sumber yang lain), sedangkan pertemuan untuk satu mata kuliah mungkin saja disajikan seminggu sekali, sehingga efektif kuliah hanya beberapa jam dalam satu hari, atau beberapa hari saja dalam satu minggu,  sehingga serasa banyak waktu kosongnya.  Mereka bisa terlena karena merasa bebas dari rutinitas, mempunyai banyak waktu longgar, teman yang lebih banyak sehingga lupa dengan tugas belajarnya.

Adalah menjadi kewajiban siswa untuk belajar dengan tujuan mendapatkan ilmu dan nilai yang baik. Tentunya hal ini harus didukung dengan cara / gaya belajarnya dan motivasinya.      Jika dilihat dari gaya belajar, terdapat bermacam-macam gaya,  ada yang harus membaca catatan untuk  betul-betul memahami materinya,  ada yang lebih suka berdiskusi, ada yang belajar sambil coret-coret buku, atau kalau di kelas hanya dengan mendengarkan penjelasan dari dosen sudah dapat mengerti tapi ada  yang harus dibaca lagi di rumah materinya secara detail; ada yang lebih senang belajar dengan gambar, macam-macamlah.  Gaya-gaya belajar antara orang satu dengan yang lain berbeda-beda.  Tapi selama ini mungkin banyak siswa tidak pernah merasakan atau memahami bagaimana gaya belajarnya yang selama ini dilakukan dan bahkan pengajarnya (pendidik) pun tidak mengerti bagaimana gaya belajar siswanya sehingga cara mengajar yang telah dilakukan  di kelas bisa jadi tidak sesuai dengan gaya belajar yang biasa dilakukan oleh siswanya.  Jika metode yang dipakai oleh pendidik  tidak pas dengan gaya belajar anak didiknya, maka siswa akan merasakan kesulitan untuk menerima pelajarannya; tidak nyaman bahkan akan merasa bosan. Kondisi yang demikian dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi nilainya. Oleh karena itu siswa harus belajar untuk mengetahui gaya belajarnya yang sesuai dengan kondisi dirinya.  Disisi lain bagi pendidik juga harus belajar memahami bagaimana gaya belajarnya siswanya, agar cara mengajarnya dalam proses pembelajarannya akan sesuai  dengan gaya belajar masing-masing siswanya. Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar siswa. Jika diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya, siswa dapat berkembang dengan lebih baik. Gaya belajar otomatis tergantung dari orang yang belajar. Ada 3 macam gaya belajar seseorang yaitu :

1.    Kinestetik salah satu cirinya banyak melakukan gerakan pada saat belajar

2.    Auditory salah satu cirinya adalah  suka mempelajari sesuatu dengan cara mendengarkan daripada membaca

3.    Visual salah satu cirinya  dia mudah mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar

Tentu hal ini agak sulit dilakukan karena pendidik mempunyai banyak siswa dengan gaya belajar yang berbeda-beda.  Tapi kenapa tidak dicoba untuk memulai mengerti gaya belajar siswa agar cara mengajar para pendidik menjadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan (learning with fun), ini kan juga untuk kebaikan dan prestasi anak didik kita.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:

I.    Sebaiknya siswa dikelompokkan atas dasar gaya belajarnya, tentunya pendidik harus mempunyai data tentang gaya belajar masing-masing siswa. (mungkin sekolah bisa minta programmer untuk membuatkan program sederhana tentang kuesioner seperti dibawah ini yang diharus diisi oleh siswa yang baru masuk, dan dapat dilakukan setiap tahun sekali karena bisa dimungkinkan ada perubahan gaya belajar siswa pada masa mendatang, lalu data gaya belajarnya disajikan di daftar hadir siswa, sehingga pendidik mengetahui masing-masing gaya belajar siswanya)

Untuk mengetahui gaya belajar siswa ada beberapa cara, bisa melalui sidik jari anak http://www.analisasidikjari.comze.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=5&Itemid=15) atau mengunakan kuesioner.

Beberapa kuesioner dari link berikut akan membantu dalam memahami gaya belajar:
http://www.chaminade.org/inspire/learnstl.htm
http://www.engr.ncsu.edu/learningstyles/ilsweb.html
http://www.vark-learn.com/english/page.asp?p=questionnaire

Contoh Kuesioner 1

KUESIONER VARK (Visual Aural Read/Write Kinesthetic)

Pilihlan jawaban yang paling mendekati preferensi Anda dan lingkari huruf di depannya. Lingkari lebih dari satu jawaban bila satu jawaban tidak cocok dengan persepsi Anda. Kosongkan saja pertanyaan yang tidak memiliki jawaban.

1.     Anda sedang menolong seseorang yang ingin pergi ke bandara, pusat kota atau stasiun kereta. Anda akan:

a.       pergi bersama-sama dengan orang tersebut.

b.       memberitahukan arahnya kepada orang tersebut.

c.        menuliskan petunjuk arah tempat yang hendak dituju orang tersebut.

d.       menggambar atau memberinya sebuah peta.

2.     Anda tidak yakin bagaimana mengeja suatu kata, apakah ‘analisis’ atau ‘analisa’. Anda akan:

a.       membayangkan kata-kata tersebut di dalam pikiran Anda dan kemudian memilih salah satunya.

b.       memikirkan bagaimana bunyi kata-kata tersebut dan memilih satu diantaranya.

c.        mencarinya di kamus.

d.       menuliskan kedua kata tersebut di kertas dan memilih satu diantaranya.

3.     Anda sedang merencanakan liburan untuk sebuah kelompok. Anda menginginkan beberapa umpan balik dari mereka berkenaan dengan rencana yang Anda buat. Anda akan:

a.       menjelaskan beberapa garis besar atau pokok-pokok acara yang penting.

b.       menggunakan sebuah peta atau situs web untuk menunjukkan tempat-tempatnya kepada mereka.

c.        memberikan mereka sebuah salinan rencana perjalanan.

d.       menelepon, atau meng-email mereka.

4.     Anda ingin memasak sesuatu yang istimewa untuk keluarga Anda. Anda akan:

a.       memasak sesuatu yang Anda bisa tanpa perlu melihat instruksi atau cara memasaknya.

b.       meminta saran dari teman.

c.        melihat gambar-gambar di buku memasak untuk mencari ide.

d.       menggunakan buku memasak di mana Anda tahu di sana ada sebuah resep yang enak.

5.     Sekelompok turis ingin belajar mengenai kebun raya atau cagar alam di daerah Anda. Anda akan:

a.       menceritakan kepada mereka atau merancang suatu bincang-bincang mengenai kebun raya atau cagar alam di daerah Anda.

b.       menunjukkan mereka gambar-gambar di internet, foto atau gambar di buku-buku mengenai kebun raya dan cagar alam.

c.        membawa mereka ke kebun raya atau cagar alam dan berjalan bersama mereka mengitari kebun raya tersebut.

d.       memberi mereka buku atau pamflet mengenai kebun raya atau cagar alam.

6.     Anda hendak membeli sebuah kamera digital atau sebuah telepon genggam. Selain harga, apa yang paling mempengaruhi keputusan Anda untuk membeli?

a.       Mencoba atau mengujinya.

b.       Membaca penjelasan tentang fiturnya.

c.        Karena desainnya moderen dan kelihatan bagus.

d.       Si penjual menjelaskan tentang fitur kamera atau telepon tersebut kepada saya.

7.     Ingatlah suatu masa ketika Anda belajar bagaimana mengerjakan sesuatu yang baru. Cobalah hindari mengingat yang berhubungan dengan keterampilan fisik, seperti mengendarai sepeda. Anda paling suka belajar dengan cara:

a.       menonton demonstrasinya (cara melakukannya).

b.       mendengarkan seseorang menjelaskannya dan kemudian bertanya.

c.        diagram dan grafik – petunjuk-petunjuk visual.

d.       instruksi tertulis – seperti sebuah manual atau buku teks.

8.     Anda mempunyai masalah dengan lutut Anda. Anda lebih suka bila dokter:

a.       memberi Anda sebuah alamat web atau sebuah bacaan mengenai lutut.

b.       menggunakan sebuah model plastik dari sebuah lutut untuk menunjukkan masalah di lutut Anda.

c.        menjelaskan apa masalah di lutut Anda.

d.       menunjukkan kepada Anda sebuah gambar berkenaan dengan masalah di lutut Anda.

9.     Anda ingin mempelajari sebuah program, keterampilan atau game baru di sebuah komputer. Anda akan:

a.       membaca instruksi tertulis dari program tersebut.

b.       berdiskusi dengan orang yang mengerti tentang program tersebut.

c.        menggunakan keyboard

d.       mengikuti gambar yang ada di buku petunjuk program tersebut.

10.  Saya menyukai situs web yang memiliki:

a.       sesuatu yang dapat diklik, diganti atau dicoba.

b.       desain dan fitur visual yang menarik.

c.        deskripsi tertulis, rincian dan penjelasan tertulis yang menarik.

d.       audio channel di mana saya bisa mendengarkan musik, program radio atau wawancara.

11.  Selain harga, apa yang paling mempengaruhi keputusan Anda dalam membeli sebuah buku non-fiksi yang baru?

a.       penampilannya yang menarik.

b.       bagian-bagiannya yang dapat dibaca dengan cepat.

c.        seorang teman membicarakan dan merekomendasikannya.

d.       di dalamnya berisi kisah-kisah kehidupan, pengalaman dan contoh-contoh yang nyata.

12.  Anda sedang menggunakan sebuah buku, CD atau situs web untuk mempelajari bagaimana mengambil gambar dengan kamera digital Anda yang baru. Anda ingin memiliki:

a.       sebuah kesempatan bertanya dan berdiskusi tentang kamera tersebut dan fitur-fiturnya.

b.       instruksi tertulis yang jelas dengan rincian dan poin-poin mengenai apa yang harus dilakukan.

c.        gambar-gambar yang menunjukkan kamera dan fungsi dari masing-masing bagiannya.

d.       berbagai contoh dari foto atau gambar yang bagus dan yang buruk dan bagaimana memperbaikinya.

13.  Anda lebih suka seorang guru atau seorang presenter yang menggunakan:

a.       demonstrasi (pertunjukkan), model atau sesi praktek.

b.       tanya jawab, diskusi, diskusi kelompok, atau pembicara tamu.

c.        selebaran (Handout), buku, atau bacaan-bacaan.

d.       gambar, diagram, atau grafik.

14.  Anda baru saja menyelesaikan sebuah kompetisi atau tes/ujian dan menginginkan beberapa umpan balik. Anda menyukai umpan balik yang:

a.       menggunakan contoh-contoh dari apa yang telah Anda kerjakan.

b.       menggunakan deskripsi tertulis dari hasil tes Anda.

c.        berasal dari seseorang yang mendiskusikannya dengan Anda.

d.       menggunakan grafik untuk menunjukkan apa yang telah Anda capai.

15.  Anda sedang akan memilih makanan di sebuah restoran atau kafe. Anda akan:

a.       memilih sesuatu yang sudah pernah Anda makan sebelumnya di sana.

b.       mendengarkan pilihan menu dari pelayan atau meminta seorang teman memberikan rekomendasi pilihan makanan.

c.        memilih berdasarkan penjelasan yang ada di dalam daftar menu.

d.       melihat apa yang dimakan pengunjung lain atau melihat gambar dari masing-masing menu.

16.  Anda harus membuat sebuah pidato penting dalam sebuah acara. Anda akan:

a.       membuat gambar-gambar atau grafik untuk membantu menjelaskan sesuatu.

b.       menulis beberapa kata kunci dan berlatih mempraktekkan pidato Anda berulang-ulang.

c.        menuliskan pidato Anda dan mempelajarinya dengan cara membacanya beberapa kali.

d.       mengumpulkan banyak contoh dan cerita untuk membuat bahan bicara yang nyata dan praktis.

SKORING KUESIONER VARK

Gunakan peta skoring untuk mengetahui kategori VARK dari jawaban yang Anda. Lingkari huruf yang menjadi jawaban Anda. Misalnya, jika Anda menjawab b dan c untuk pertanyaan 3, lingkari V dan R pada baris pertanyaan 3.

Peta Skoring

Pertanyaan no. a b c d
1 K A R V
2 V A R K
3 K V R A
4 K A V R
5 A V K R
6 K R V A
7 K A V R
8 R K A V
9 R A K V
10 K V R A
11 V R A K
12 A R V K
13 K A R V
14 K R A V
15 K A R V
16 V A R K

Hitung Skor Anda

Hitung berapa jumlah masing-masing huruf VARK yang Anda peroleh untuk mengetahui skor Anda.

Total huruf V yang dilingkari =
Total huruf A yang dilingkari =
Total huruf R yang dilingkari =
Total huruf K yang dilingkari =

Menghitung Preferensi Anda

Gunakan VARK spreadsheet yang dapat Anda akses di situs web www.vark-learn.com guna mengetahui preferensi cara belajar Anda.

Contoh kuesioner 2

Pernyataan-pernyataan ini disusun sesuai keperluan belajar, bukan merupakan evaluasi akademik dan tidak bisa menunjukkan gaya belajar Anda secara komplet. Tetapi bila Anda gabungkan dengan pengalaman dan evaluasi diri Anda, Anda akan memperoleh gambaran tentang Anda sendiri.

http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2009/12/inikah-gaya-belajar-anda.html

Bacalah setiap pernyataan dan berilah tanda (√) di bawah ya atau tidak sesuai dengan pendapat Anda.

no Pernyataan YA TIDAK
1 Secara mudah, saya bisa belajar dari kuliah, seminar, radio, atau kaset, dan video
2 Saya selalu menyelesaikan tugas baru dengan cara coba-coba, dan hanya dengan sedikit bantuan saja
3 Saya mudah belajar dari buku atau tulisan-tulisan
4 Berikanlah gambarannya, dan saya akan mudah menyelesaikan masalah kecil yang dihadapi
5 Agar benar-benar memahami, saya perlu penjelasan secara lisan
6 Saya tidak pernah melihat petunjuk yang disediakan bila merakit sesuatu yang telah saya beli
7 Saya banyak belajar dari diskusi dan debat
8 Sebelum melakukannya sendiri, paling senang, saya melihat dulu, orang lain mengerjakannya
9 Dalam belajar, yang paling saya senangi adalah membongkar sesuatu kemudian merakitnya kembali
10 Saya dapat mengingat seluruh pembicaraan di kelas maupun dalam rapat tanpa membuat catatan
11 Pelajaran di sekolah yang paling saya sukai adalah yang banyak aktivitas fisiknya
12 Diagram dan gambar banyak membantu saya memahami konsep

JAWABAN

Ø  Jawaban “ya” pada pernyataan 1, 5, 7, dan 10 menggambarkan bahwa Anda belajar secara baik dari mendengarkan: Anda adalah “pendengar yang baik” atau Pembelajar Pendengar / Auditory Learner.

Ø  Jawaban “ya” pada pernyataan 3, 4, 8, dan 12 menggambarkan bahwa Anda belajar secara baik dari membaca, melihat, dan mempelajari diagram: Anda adalah Pembelajar Visual / Visual Learner.

Ø  Jawaban “ya” pada pernyataan 2, 6, 9, dan 11 menggambarkan bahwa Anda belajar secara baik dari segi fisik: Anda adalah pembelajar Kinestetik / Kinesthetic Learner.

II.    Setelah mendapat data dari siswa, lalu membuat kelompok atas dasar gaya belajar siswa

III.    Buat perlakuan cara mengajar yang berbeda dari masing-masing kelompok khususnya untuk hal-hal yang dirasakan materinya penting atau harus betul-betul dipahami oleh siswanya;

Misal

a.    Pada kelompok kinestetik mereka bisa langsung diberi tugas untuk mengerjakan soal latihan/praktikum;

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik: Nurita Putranti’s blog

1.      Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam.

2.      Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).

3.      Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.

4.      Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.

5.      Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.

b.    Pada kelompok auditori, gunakan metode ceramah atau diskusi

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :

1.      Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.

2.      Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.

3.      Gunakan musik untuk mengajarkan anak.

4.      Diskusikan ide dengan anak secara verbal.

5.      Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur.

c.    Pada kelompok visual diberi penjelasan dengan power point,ditambah gambar/grafik/film

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :

1. Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.

2. Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.

3. Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.

4. Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).

5. Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.

One thought on “BELAJAR untuk BELAJAR”

Comments are closed.