BELAJAR untuk BELAJAR

Pada saat masih duduk di bangku sekolah, siswa belajar di sekolah dari jam 6.30 sampai jam 14.00 dengan  jadwal rutin, beberapa mata pelajaran ditempuh beberapa kali pertemuan dalam seminggu.  Sehingga dengan rutinitas seperti itu, memungkinkan siswa lebih disiplin dan mudah dalam mengelola waktu belajarnya di rumah.   Tapi ketika dia awal-awal duduk di bangku kuliah, (khususnya mahasiswa semester 1 & 2) yang mengalami  perubahan lingkungan (misalnya teman-teman, suasana belajar), system dan metode pembelajaran,  dimana  jadwal kuliah, cara dan  metode pembelajaran sangat berbeda dengan waktu di sekolah sebelumnya Continue reading “BELAJAR untuk BELAJAR”

MEMBANTU ANAK MERENCANAKAN dan MENGGAPAI CITA-CITA

Tidak ada rencana matang untuk berlibur dengan anak-anak, tapi tiba-tiba saja ide muncul untuk mengajak anak-anak ketika suami saya mendapat tugas ke Jakarta. Dengan pertimbangan ketika anak-anak libur, saya pas tidak bisa cuti karena pas sibuk-sibuknya urusan dengan mahasiswa, dan ketika musim liburan tiba, pasti semua tiket pesawat atau KA dan tempat-tempat permainan harganya melejit, Nah.. ini kesempatan yang baik

Continue reading “MEMBANTU ANAK MERENCANAKAN dan MENGGAPAI CITA-CITA”

Ke Pegadaian, Mengapa Tidak?

Pada saat kita mendesak butuh uang hari ini juga, pikiran kita pasti pinjam (ya ke teman, ke saudara, atau ke bank “thithil”/rentenir yang bunganya sangat tinggi).. tapi apakah mereka bisa langsung membantu kebutuhan kita?. Pernahkan kita berpikir untuk ke pegadaian? Kenapa tidak dicoba?

Benar… di pegadaian hanya dengan waktu sekitar 15 menit… uang yang kita butuhkan bisa kita dapatkan..Lalu caranya gimana, bagaimana hitungannya; mau pilih gadai konvensional atau gadai syariah?

Continue reading “Ke Pegadaian, Mengapa Tidak?”

BANK DAN PERLUNYA REGULASI

A. Bank
Sebagai salah satu fungsi moneter, bank memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga kestabilan moneter dan perekonomian disebuah negara. Sebagai sebuah lembaga yang independen bank memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya sesuai dengan pengertian bank yaitu lembaga keuangan yang diberikan otoritas untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat. Sedangkan pengertian bank menurut Pasal 1 UU No 7 Tahun 1992 tentang perbankan sebagaimana telah diubah dengan UU No 10 tahun 1998 adalah :
“Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan manyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka mengingkatkan taraf hidup masyarakat banyak”.
Selain itu, bank memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan moneter, karena permasalahan di perbankan dapat mengakibatkan dampak yang serius bagi situasi perekonomian di sebuah negara. Namun disisi lain bank dalam menjalankan usahanya guna mendapatkan keuntungan (return) selalu dihadapkan pada resiko.

Continue reading “BANK DAN PERLUNYA REGULASI”