Pentingnya Pengembangan Pusat Karir sebagai Sarana Promosi dan Penelitian

Pusat karir di perguruan tinggi merupakan sarana kegiatan yang sangat penting, karena adanya pusat karir akan memberi dampak yang positif kepada berbagai pihak. Oleh sebab itu pengelolaan yang serius dan dilakukan secara profesional akan memberikan hasil yang memuaskan. Yang dimaksud dengan penanganan serius dan profesional di sini adalah bahwa kegiatan pusat karir dibentuk sebagai lembaga atau unit kegiatan sendiri di dalam perguruan tinggi dan ada staf yang bertanggungjawab dalam pengelolaannya.
Fungsi yang dapat dijalankan pada pusat karir antara lain:
1.Tracer Study
2.Bursa Kerja online
3.Pameran Bursa Kerja
4.Rekruitmen Kampus
5.Pelatihan-pelatihan (softskills, komputer, dll)
6.Promosi Pusat Karir
7.Magang
8.Konseling kerja, dll *)

*) hasil sosialisasi pengembangan pusat karir oleh DIKTI (23-35 Nov.2011 di Grand Palace Hotel – Surabaya

Pengelolaan pusat karir yang dilakukan secara serius dan profesional dapat digunakan sebagai sarana promosi dan penelitian. Hal ini jelas karena jika dilihat dari fungsi yang dapat dilakukan di  pusat karir sebagaimana diuraikan di atas, maka dapat diuraikan sebagai berikut.
1.Tracer Study; jika kegiatan ini dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh maka hasil dari kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk promosi kampus. Selain itu hasil analysis dan interpretasi dari data yang diperoleh merupakan bahan penelitian yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan di perguruan tinggi baik sebagai bahan untuk pengembangan kurikulum, untuk pengambilan keputusan, atau bahkan menjadi bahan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.
2.Bursa kerja online atau pun pameran bursa kerja
Kegiatan ini jelas merupakan kegiatan promosi  karena adanya bursa kerja baik yang dilakukan secara online maupun pameran pasti mengundang dua pihak yaitu pihak pencari kerja dan pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan lowongan kerja.
Begitu juga untuk fungsi-fungsi kegiatan pusat karir yang lain, pasti mengandung dua hal sesuai topik tulisan ini yaitu  sebagai sarana promosi dan penelitian,