Ekonomi Rakyat Yang Syarat Makna

Akhir-akhir ini usaha pemerintah dalam mengembangkan usaha kecil sangat besar, hal ini dapat dilihat dari pengucuran dana yang dilakukan oleh lembaga perbankan kerjasama dengan pihak perguruan tinggi. Alas an yang paling utama sebenarnya adalah melatih mahasiswa untuk berwiraswasta, namun kalau dilihat keberlanjutannya adalah agar terciptanya usaha-usaha kecil yang dirintis oleh mahasiswa yang apabila dilihat dari kemampuan akademisnya sangat mumpuni, mereka dibekali oleh teori yang sangat matang.
Banyak tulisan yang menyatakan bahwa salah satu profil dari ekonomi rakyat adalah pendidikan yang dipunyai masih rendah, maka tepat kiranya kalau pemerintah ingin banyak melibatkan mahsiswa dalam pengembangannya.
Dampak lebih lanjut yang diharapkan tentunya adalah terciptanya ekonomi kerakyatan yang sangat kuat, sehingga perekonomian Negara sangat kuat.
Ada beberapa alasan ekonomi rakyat perlu dikembangkan :
1. Berkembangnya ekonomi rakyat berarti banyaknya masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ekonomi, sehingga hal ini akan dapat banyak menampung sebagian besar angkatan kerja yang semakin lama semakin besar seiring dengan perkembangan penduduk di Negara kita yang cukup pesat.
2. Mengurangi dikotomi antara sektor modern dan sektor tradisional.
3. Tidak meratanya distribusi pendapatan (karena terciptanya pemusatan ekonomi pada sebagian kecil orang yang mempunyai akses ke arah ekonomi biaya tinggi (ada fasilitas subsidi dan proteksi)).
4. Mewujudkan demokrasi ekonomi yang telah dicita-citakan oleh Negara kita.
Namun demikian ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pengembangan ekonomi rakyat atau yang lebih dikenal dengan usaha kecil, yaitu :
1. Usaha kecil atau usaha yang ada dalam Negara kita pada umumnya memiliki keterbatasan terhadap penguasaan dan pemilikan factor-faktor produksi, terutama permodalan
2. Rendahnya nilai tukar komoditi yang dihasilkan oleh usaha rakyat karena akses pemasaran sempit dan lembaga rakyat belum perperan secara optimal dalam memfasilitasi kegiatan ekonomi.
3. Rendahnya kemampuan SDM termasuk ketrampilan tehnik produksi dan manajemen usaha. (Adi Sasono)

Namun dari ketiga hal diatas yang paling berperan sangat besar tentunya adalah Sumber Daya Manusia, kalaupun mereka mempunyai skill yang tinggi maka tidak menutup kemungkinan kesulitan permodalan, pemasaran dll, akan dapat diatasi dengan mudah. Akses permodalan menjadi sangat mudah apabila kita mempunyai kemampuan komunikasi dan hubungan yang baik dengan teman ataupun lembaga keuangan , kepercayaan merupakan factor penentu utama dalam penyaluran dana.
Pada saat ini tentunya sangat mudah menjalin komunikasi dengan teman atau orang yang kita kenal, kecanggihan tehnologi informasi membuat dunia tanpa batas, kapanpun dan dimanapun kita bisa berhubungan dengan orang yang kita kehendaki.
Apabila dilihat dari kesenangan banyak orang terhadap Facebook (FB), yang dulu hanya dimanfaatkan untuk mencari dan menyambung kembali persahabatan yang pernah putus karena jarak, sekarang sudah berubah menjadi ajang promosi produk.
Demikianlah, sumberdaya manusia sangat berperan dalam keberhasilan ekonomi kerakyatan.