Skip to content


Memasukkan gambar photo atau animasi ke dalam Artikel Blog

Selain text, dalam sebuah artikel blog dapat kita sisipkan sebuah/beberapa image, baik yang statis maupun dinamis. Kita kenal beberapa format image yang populer antara lain: jpeg/jpg, gif, bmp, png. Gambar photo (statis) biasanya memiliki format jpeg/jpg, sedangkan gambar animasi memiliki format gif.

Contoh Gambar statis (jpeg)

dsc00044-640

Contoh Gambar animasi (gif)

arabian

Pada halaman posting, klik pada icon add media

add-media

lalu pilih tombol “select files” jika kita ingin memasukkan gambar yang ada di komputer kita untuk di sisipkan ke dalam artikel

add-media-popup

pilih file gambar yang ingin anda sisipkan lalu klik “open”, secara otomatis foto tersebut akan terupload ke server blog, jika sukses maka akan muncul seperti gambar di bawah ini

add-media-uploaded

(klik untuk melihat gambar ukuran besar)

Perhatikan pada pilihan “size”, jika gambar yang kita upload berukuran besar (lebar dan tingginya), kita bisa memilih untuk menampilkan gambar dalam bentuk thumbnail (potongan gambar kecil), medium dan full size (ukuran sebenarnya). Sesuaikan pilihan size tersebut dengan lebar blog Anda, jika gambar yang ingin anda sisipkan berukuran lebih lebar daripada lebar blog lebih baik anda pilih thumbnail atau medium.

Jika anda memilih thumbnail maka jangan lupa pilih opsi “File URL” pada Link URL

add-media-link-url

(klik untuk melihat gambar ukuran besar)

jika tidak, maka pembaca tidak dapat melihat gambar tersebut secara utuh, karena gambar yang menjadi thumbnail adalah gambar yang terpotong kecil sehingga kita perlu memberikan link supaya pembaca dapat melihat dalam ukuran sebenarnya dengan mengklik gambar tersebut.

Setelah di insert maka gambar dapat terlihat pada kotak text seperti di bawah ini

add-media-insert

(klik untuk melihat gambar ukuran besar)

Langkah-langkah di atas juga dapat digunakan untuk memasukkan gambar dengan format  seperti .gif, .bmp, .png

Tips

  • Jangan mengupload/mensisipkan gambar dengan ukuran file yang terlalu besar, ukuran file sebesar kurang lebih 100 KByte sudah cukup untuk blog.  Semakin besar ukuran file akan membuat proses loading halaman blog anda semakin lambat. Untuk memperkecil ukuran file anda bisa menggunakan software pengolah image yang ada seperti Photoscape, IrfanView, FastStone, XnView, ACDSee dsb.
  • Hati-hati untuk masalah hak cipta (copyright) sebuah photo terutama yang anda ambil dari internet, karena beberapa photo memiliki copyright tertentu sehingga kita tidak bisa asal “comot” lalu memasukkannya ke dalam blog.
Share

Related Posts

Posted in Tutorial. Tagged with , , , , , , , , , , , , .

0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

Some HTML is OK

(required)

(required, but never shared)

or, reply to this post via trackback.