MENGENAL PROGRAM DANA PENSIUN BAGIAN 1

 

Dalam rangka menjamin kesinambungan pendapatan bagi para peserta (karyawan), kesejahteraan hidup peserta dan ahli warisnya, serta menghadapi risiko-risiko yang mungkin timbul, dana pensiun sangat membantu para karyawan. Banyak perusahaan baik milik Pemerintah maupun milik swasta yang menyelenggarakan program dana pensiun yang dikelola sendiri. Di negara maju dan negara sedang berkembang termasuk Indonesia, dana yang dapat dihimpun dana pensiun sangat besar dan merupakan dana yang murah, berjangka waktu panjang, sehingga dapat bermanfaat untuk diinvestasikan guna meningkatkan perekonomian nasional.

 

Program dana pensiun dapat digunakan untuk memberi ketenangan kerja dan memotivasi karyawan lebih produktif, mempertahankan karyawan yang berkualitas agar tidak pindah ke perusahaan lain, serta meningkatkan loyalitas karyawan.  Pemerintah telah memperhatikan penyelenggaraan program pensiun dengan mengeluarkan  UU. No. 7 tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Juga ada perlakukan khusus terhadap  penghasilan dana pensiun yang diperoleh dari kegiatan usaha tertentu tidak digolongkan sebagai objek pajak.

 

A.   Difinisi Dana Pensiun dan Program Pensiun

Berdasarkan UU No. 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun mendifinisikan Dana Pensiun sebagai badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Difinisi Program Pensiun:

·         Program yang menjanjikan sejumlah uang yang pembayarannya dikaitkan dengan pencapaian usia tertentu (usia pensiun).

·         Program yang menjanjikan manfaat apabila berhenti kerja sebelum pensiun, tapi bukan program pesangon.

·         Program yang menjanjikan manfaat untuk ahli waris apabila peserta meninggal, tapi bukan program asuransi kematian.

 

Dari difinisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa program pensiun adalah suatu program yang dibentuk untuk membantu peserta (karyawan) bilamana berhenti bekerja atau sudah pensiun memperoleh manfaat kesinambungan penghasilan, sehingga peserta lebih mandiri.

 

B. Tujuan Penyelenggaraan Program Pensiun

Tujuan yang utama adalah menjaga kesinambungan penghasilan peserta pada masa pensiun. Tujuan yang lain, karena ketentuan undang-undang adalah menjaga kesinambungan penghasilan peserta atau ahli warisnya, apabila peserta menjadi cacat atau meninggal dunia sebelum pensiun.

 

Manfaat Penyelenggaraan Program Pensiun

1. Bagi Peserta

a.    Jaminan kesinambungan penghasilan.

b.    Disiplin menabung.

c.    Memperoleh fasilitas pajak.

2.    Bagi Masyarakat

a.    Mengurangi ketergantungan kelompok masyarakat tertentu pada kelompok lain.

b.    Peserta lebih mandiri.

3.    Bagi Pemberi Kerja

a.    Mempertahankan pekerja yang berkualitas.

b.    Faktor keunggulan dalam mendapatkan pekerja yang berkualitas.

c.    Mengurangi kesan “membuang” pada saat terjadi pemutusan hubungan kerja.

d.   Membantu pembentukan citra positif.

e.    Membantu pengelolaan biaya pegawai.

f.     Membentuk iklim kerja yang kondusif untuk meningkatkan produktifitas dan keuntungan.

4.    Bagi Negara

a.    Meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat.

b.    Merupakan salah satu alternatif sumber dana pembangunan.

c.    Mengurangi beban sosial.