JENIS PROGRAM PENSIUN (BAGIAN 4)

 

Program  Pensiun yang umumnya dilaksanakan di perusahaan baik milik Pemerintah maupun milik swasta yaitu Program Pensiun Manfaat Pasti dan Program Pensiun Iuran Pasti.

 

A. Program Pensiun Manfaat Pasti (Defined Benefit)

Program Pensiun Manfaat Pasti adalah suatu program pensiun yang menggunakan formula tertentu atas manfaat pensiun yang diterima peserta yang sudah ditetapkan peraturan dana pensiun. Sedangkan besarnya iuran pensiun ditetapkan berdasarkan perhitungan aktuaria, kecuali iuran peserta yang ditetapkan dalam peraturan dana pensiun. Besarnya iuran merupakan perkiraan kebutuhan dana yang harus disisihkan sekarang untuk merealisasikan pembayaran manfaat pensiun.

 

Kelebihan Program Pensiun Manfaat Pasti

1.      Besarnya manfaat pensiun mudah dihitung.

2.      Lebih memberikan kepastian kepada peserta.

3.      Lebih mudah memberikan penghargaan untuk masa kerja tertentu.

 

Kekurangan Program Pensiun Manfaat Pasti

1.      Beban  biaya mudah berfluktuasi.

2.      Nilai hak peserta sebelum pensiun tidak mudah ditentukan.

Formula yang Digunakan Untuk Menentukan Besarnya Manfaat Pensiun

Formula yang umum digunakan untuk menentukan besarnya manfaat pensiun untuk program pensiun manfaat pasti, yaitu:

 

1.    Final Earning Pension Plan, yaitu perhitungan besarnya manfaat pensiun berdasarkan persentase tertentu dari gaji terakhir peserta pada saat mencapai usia pensiun yang biasanya ditetapkan maksimum masa kerja (past services). Formula perhitungan final earning pension plan adalah sebagai berikut :

 

 2,5% x Past Services x Final Earnings

 

2.    Final Average Earning, yaitu perhitungan besarnya manfaat pensiun menggunakan formula final average earning hampir sama dengan formula final earning, bedanya perhitungan berdasarkan  rata-rata gaji pada beberapa tahun terakhir, misalnya 3-5 tahun terakhir. Formula final average earning adalah sebagai berikut:

2,5% x Past Services x Final Average Earnings

 

3.    Career Average Earning, yaitu perhitungan besarnya manfaat pensiun dihitung dari persentase tertentu terhadap masa kerja dan gaji rata-rata selama masa karer karyawan. Formula career average earning adalah sebagai berikut :

2,5% x Past Services x Career Average Earnings

 

4.    Flat Benefit, yaitu perhitungan besarnya manfaat pensiun didasarkan atas jumlah uang tertentu untuk setiap tahun masa kerja karyawan setelah memenuhi masa kerja minimum. Misalnya besarnya pensiun Rp. 50.000 perbulan untuk setiap tahun masa kerja. Jika karyawan mempunyai masa kerja 20 tahun, jumlah pensiun yang diterima perbulan adalah Rp. 50.000 x 20 = Rp. 1.000.000,-

 

Dari keempat formula perhitungan besarnya manfaat pensiun tersebut di atas yang paling menguntungkan dilihat dari sudut pandang peserta adalah final average earning, karena peserta menerima manfaat pensiun dihitung dari rata-rata  gaji beberapa tahun terakhir. Sehingga manfaat pensiun yang diterima akan lebih besar dibandingkan dengan menggunakan formula yang lain.

B. Program Pensiun Iuran Pasti (Defined Contribution)

Program pensiun iuran pasti yaitu program pensiun yang besarnya iuran baik dari pemberi kerja maupun peserta ditetapkan dalam peraturan dana pensiun. Besarnya manfaat pensiun yang diterima peserta tergantung pada akumulasi iuran dan hasil pengembangan.

Kelebihan Program Pensiun Iuran Pasti

1.      Beban biaya stabil dan mudah diperkirakan.

2.      Nilai hak peserta setiap saat mudah ditetapkan.

3.      Risiko investasi dan mortalitas ditanggung oleh peserta.

 

Kekurangan Program Pensiun Iuran Pasti

1.      Besarnya manfaat pensiun tidak mudah ditentukan.

2.      Lebih sulit memperkirakan besar penghargaan untuk masa kerja lampau.