PERKEMBANGAN ASURANSI SYARIAH (TAKAFUL) DI INDONESIA Oleh : Amir Kusnanto

Berdirinya Bank Muamalat Indonesia (BMI) pada tanggal 1 Nopember 1991 memberikan inspirasi ummat muslim perlunya didirikan asuransi syariah di Indonesia. Kemudian, pada tanggal 27 Juli 1993 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui Yayasan Abdi Bangsa, bersama BMI dan perusahaan Asuransi Tugu Mandiri memprakarsai berdirinya asuransi syariah dengan membentuk Tim Pembentukan Asuransi Takaful Indonesia (TEPATI). TEPATI merealisasikan berdirinya PT. Syarikat Takaful Indonesia sebagai Holding Company dan 2 anak perusahaannya yaitu PT. Asuransi Takaful Keluarga (Asuransi Jiwa) dan PT. Asuransi Takaful Umum (Asuransi Kerugian).

 

Prinsip Asuransi Takaful

Dalam kehidupan ini, manusia senantiasa dihadapkan pada kemungkinan terjadinya berbagai cobaan, seperti kematian, kebakaran rumah, kecelakaan kendaraan, dan sebagainya. Salah satu cara menghadapi risiko finansial dari musibah yakni dengan menyimpan atau menabung uang. Namun upaya tersebut seringkali tidak mencukupi, karena beban yang harus ditanggung terkadang jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Program perlindungan ini dalam syariah Islam dikenal dengan istilah takaful . Program ini bertumpu pada konsep “wa ta’awanu ‘ala al birri wa al taqwa” (tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa) dan “al ta’min” (rasa aman) yang menjadikan semua peserta asuransi sebagai keluarga besar yang saling menjamin dan menanggung risiko satu sama lainnya. Dalam hal ini, takaful meniadakan unsur ghoror (ketidakpastian), maysir (judi), dan riba.

 

Visi dan Misi Asuransi Takaful

Takaful Indonesia adalah lembaga keuangan yang konsisten menjalankan transaksi asuransi secara islami. Operasional perusahaan dilaksanakan atas dasar prinsip-prinsip syariah yang bertujuan memberikan fasilitas dan layanan terbaik bagi ummat dan masyarakat Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan, Takaful akan berjuang dan berkembang untuk menjadikan perusahaan yang terkemuka.

 

Tujuan Takaful

Memberikan layanan yang terbaik, amanah dan profesional kepada ummat Islam dan Bangsa Indonesia.

 

Produk dan Layanan Takaful Indonesia

1. PT. Asuransi Takaful Keluarga

PT. Asuransi Takaful Keluarga adalah perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi berlandaskan nilai-nilai syariah. Fokus utamanya memberikan layanan dan bantuan menyangkut asuransi jiwa dan keluarga, dengan harapan bisa tercapainya masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan perlindungan asuransi yang sesuai syariah Islam. Produk dan layanan Takaful Indonesia meliputi:

Layanan Individual:

a. Dana Investasi

b. Dana Siswa

c. Dana Haji

d. Anak Asuh

e. Al Khairat

 

Layanan Group atau Kumpulan:

a. Kecelakaan Siswa

b. Wisata dan Perjalanan

c. Kecelakaan Diri Kumpulan

d. Majelis Taklim

e. Family Care

f. Al Khairat dan Tabungan Haji

 

2. PT. Asuransi Takaful Umum

PT. Asuransi Takaful Umum adalah perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi berlandaskan nilai-nilai syariah. Fokus utamanya memberikan layanan dan bantuan menyangkut asuransi di bidang umum, seperti kebakaran, pengangkutan, niaga, serta asuransi kendaraan, dengan harapan bisa tercapainya masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan perlindungan asuransi yang sesuai syariah Islam.

 

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia dari tahun 2010-2012 cukup menggembirakan, dengan semakin banyaknya produk-produk asuransi syariah yang ditawarkan. Pendapatan premi asuransi syariah tahun 2011 mencapai Rp. 4,97 triliun, dan premi tahun 2012 diprediksi meningkat 30%.

Jumlah asuransi syariah sebanyak 37 asuransi syariah yang terdiri dari 17 asuransi jiwa syariah dan 20 asuransi umum syariah, serta 3 reasuransi syariah.

 

Referensi

  1. Fatwa Dewan Syariah Nasional NO: 21/DSN-MUI/X/2001 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah.
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.
  3. Kusnanto, Amir, 2011. Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah, Badan Penerbit STIE Malangkuçeçwara, Malang.
  4. Siamat, Dahlan. 2001. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Ketiga Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.